Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Apik 8 "Drummer" Legendaris dalam IDP Fest 2016

Kompas.com - 02/04/2016, 15:06 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Drummer rock kawakan Jelly Tobing (65) menabuh drumnya dengan tempo cepat di tengah panggung.

Aksinya ini sebagai pembuka kolaborasi delapan penabuh drum legendaris dalam Indonesia Drum & Perkusi Festival (IDP Fest) 2016 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/4/2016) malam.

Di kirinya, drummer senior Benny Mustafa (76) sudah bersiap di belakang set drumnya. Demikian pula, Susy Nander (68), drummer perempuan yang terkenal bersama band Dara Puspita. Ada juga penyanyi sekaligus penabuh drum, Keenan Nasution (63), serta Karim Suweileh (65).

Silih berganti mereka menabuh drum dengan ritme berbeda-beda. Latar genre musik rock membuat Jelly dan Susy memainkan tempo cepat dan keras, sama seperti Keenan yang kental dengan unsur rock progresifnya. Sementara, Karim dan Benny menyajikan melodi jazz mereka.

Jika Karim cukup mengentak dengan tabuhan drumnya, Benny bermain lebih "santun".

Sesekali ia menggunakan brushes pada snare drum, bahkan personel band Eka Sapta yang terkenal pada era 19960-an menabuh drumnya memakai tangan.

"Wah pakai tangan dia, he-he-he," celetuk Jelly.

Sesi kedua, kelimanya kemudian digantikan oleh tiga drummer senior lainnya. Ada Rudi Subekti (62), Asido Panjaitan (65) dan Jimmie Manopo (62). Tanpa berlama-lama, ketiganya langsung menggebuk drum masing-masing.

Penonton pun terkesima dengan hentakan drum saling bersahutan itu. Keahlian yang tak diragukan lagi. Delapan drummer legendaris itu sukses memberikan penampilan penuh energi di usia senja mereka.

Kompas TV Kolaborasi Antar Generasi di IDP Fest 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com