Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rania Putri Belajar dari Yenny Rachman

Kompas.com - 12/04/2016, 14:49 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memerankan karakter Raden Ajeng Kartini bukanlah perkara mudah bagi model asal Surabaya, Rania Putri (21). Apalagi ia sama sekali tak memiliki pengalaman berakting di layar lebar.

Beruntung, ia terbantu aktris senior Yenny Rachman.

"Rania dapat rekomendasi film-film Kartini zaman dulu. Rania nonton film RA Kartini (1983) yang diperanin sama Mbak Yenny Rachman," ujarnya di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016) malam.

Dari film garapan sutradara Sjumandjaja itu, Rania mendapat banyak pengetahuan baru tentang Kartini juga budaya putri ningrat.

"Itu kan wah keren banget, merinding sih. Dari situ Rania terbantu. Bagaimana jalan pakai kebaya, tata krama ketemu orangtua," ucapnya.

Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya ini memilih belajar dari film-film dan berbagai buku tentang Kartini karena satu alasan.

"Beliau kan udah enggak ada. Jadi untuk mencari sosok untuk (contoh) jadi susah dapetinnya. Tapi ya paling gampang dan cepet yaitu browsing video, suasana 1900-an, lagunya," kata Rania.

Surat Cinta untuk Kartini berkisah tentang seorang tukang pos (Chicco) yang jatuh hati kepada R A Kartini (Rania) setelah mengantar sepucuk surat kepada sang putri ningrat. Film ini dijadwalkan dirilis pada 21 April 2016, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com