Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patah Kaki Sisakan Ngilu, Pencipta Lagu "Bento" Tak Bisa Berjalan

Kompas.com - 13/04/2016, 22:48 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Naniel C Yakin, yang bersama Iwan Fals menciptakan lagu legendaris 'Bento', kini sedang sakit di tempat tinggalnya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Kaki Naniel yang patah, karena ia pernah terjatuh, masih menyisakan ngilu. Ia juga mulai pikun.

Kabar itu disampaikan oleh istri Naniel, Nini Widowati, ketika diwawancara melalui telepon oleh Kompas.com pada Rabu (13/4/2016).

"Mas (Naniel) kan jatuh, dan kakinya patah. Sudah baik waktu itu, tetapi masih belum mau jalan, dan sudah mulai pikun," tutur Nini.

"Pikunnya itu sekarang dia lebih sering mandi, padahal sudah lima kali mandi. Katanya, belum," lanjutnya.

"Susah, karena Mas kan enggak bisa jalan. Dia enggak pernah berdiri karena katanya ngilu. Jadi, ngesot kalau ke kamar mandi," tuturnya lagi.

Dituturkan pula oleh Nini bahwa Naniel sempat bermukim di Surabaya. Di Kota Pahlawan, mantan wartawan surat kabar itu tinggal di sebuah kamar indekos relatif sederhana bersama anak keduanya.

"Indekos di Surabaya, Mas Naniel sama anak nomor dua. Dia indekos di sana. Kerja freelance aja, sambil buat-buat acara gitu, Mbak," ceritanya.

"Bento" diciptakan oleh Naniel bersama Iwan. Lagu tersebut ada dalam album Swami, yang dirilis pada 1989.

Album itu milik grup Swami, yang terdiri atas Iwan Fals (vokal, vokal latar, gitar akustik, dan harmonika), Sawung Jabo (gitar akustik, vokal, dan vokal latar), Naniel (flute, recorder, vokal, dan vokal latar), Nanoe (bas dan vokal latar), serta Innisisri (drum, perkusi, dan vokal latar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com