Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melly Goeslaw: Emansipasi Bukan Berarti Perempuan di Atas Laki-laki

Kompas.com - 21/04/2016, 09:45 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis dan pencipta lagu, Melly Goeslaw (42), mengingatkan bahwa pemikiran emansipasi wanita Kartini berarti persamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Jangan sampai, hal itu disalahartikan.

"Sekarang kan udah banyak banget ya hal-hal yang dilakukan oleh perempuan. Itu namanya emansipasi. Mungkin itu yang dimaksud oleh Kartini. Tapi saya yakin Kartini tidak bermaksud menjadikan perempuan di atas laki-laki," ucapnya di CFC, Jalan  Bangka, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2016).

Sebab, pada hakekatnya laki-laki berperan sebagai pemimpin dalam keluarga. Melly memberi contoh, dalam Islam disebutkan selagi ada laki-laki, maka laki-laki harus menjadi imam.

"Jadi ya harus selaraslah antara cita-cita Kartini dengan aturan-aturan agama," kata Melly.

Di sisi lain, ia mengatakan, salah satu semangat Kartini adalah perempuan juga berhak mengeluarhan pendapat dan berhak untuk didengarkan.

"Saya sih cuman merasa semua harus juga mendengar ketika perempuan berbicara, berpendapatan. Bukan 'ah cewek enggak usah didenger'. Itu aja sih. Karena ada hal-hal yang perempuan lihat, tapi laki-laki enggak lihat," ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com