Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Film Cannes Umumkan Daftar Film

Kompas.com - 21/04/2016, 21:19 WIB

KOMPAS.com -- Film festival paling terkenal di dunia telah mengumumkan daftar film untuk kompetisi tahun ini.

Para eksekutif Festival Film Cannes mengatakan bahwa mereka telah menyaring jumlah film yang mencapai rekor, yakni 1.869 film menjadi 49 film yang akan ditayangkan bulan depan di French Riviera. Dua puluh dari film-film itu akan bersaing memperebutkan penghargaan tertinggi, Palme d'Or.

Film-film dalam edisi ke-69 dari festival itu akan mencakup tema serius sampai konyol.

Aktor yang juga sutradara AS, Sean Penn, telah mendapat promosi bagus untuk filmnya The Last Face, mengenai pekerja bantuan di Afrika, yang dibintangi mantan kekasihnya, aktris pemenang Oscar Charlize Theron, dan aktor Javier Bardem.

Loving, disutradarai oleh Jeff Nichols dari AS, adalah kisah nyata mengenai Richard dan Mildred Loving, pasangan antar-ras di Amerika pada era 1950-an, yang mengkonfrontasi rasialisme.

Selanjutnya ada The Neon Demon, film horor mengenai model-model kanibal di Los Angeles.

Film-film dari sutradara perempuan ada dalam kompetisi untuk penghargaan tertinggi: Maren Ade dari Jerman dengan Toni Erdmann, Andrea Arnold dari Inggris dengan American Honey, dan Nicole Garcia dari Perancis dengan From the Land of the Moon.

Penyelenggara festival sebelumnya dikritik karena terbatasnya karya para sutradara perempuan.

"Meskipun festival ini berlangsung di Perancis, ini bukan festival Perancis. Ini festival internasional," ujar direktur Cannes, Thierry Fremaux.

Namun sejauh ini hanya ada satu film dari Amerika Latin dan tidak ada peserta dari Afrika dan Timur Tengah.

Cafe Society dari Woody Allen, yang dibintangi Kristen Stewart dan Jesse Eisenberg, membuka festival tersebut, tapi tidak masuk dalam kompetisi.

Juga ikut dalam kompetisi adalah film thriller dari AS, Money Monster, yang disutradarai oleh Jodie Foster dan dibintangi George Clooney dan Julia Roberts. Selain itu, Steven Spielberg juga akan menampilkan karya terbarunya, The BFG (The Big Friendly Giant), berdasarkan cerita anak-anak klasik karya Roald Dahl.

Festival akan berlangsung dari 11 Mei sampai 22 Mei.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com