Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Satu", Kolaborasi Iwan Fals dengan NOAH, D'MASIV, Nidji, dan Geisha

Kompas.com - 12/05/2016, 09:47 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-- Usia rupanya tidak membatasi musisi legendaris Virgiawan Listanto (54) atau yang dikenal dengan Iwan Fals dalam berkarya.

Hal itu ia buktikan lewat sebuah album berjudul Satu. Album ini hasil kolaborasi Iwan Fals dengan empat band papan kenamaan Tanah Air. Mereka adalah NOAH, D'MASIV, Nidji dan Geisha. 

"Di sini kita buat sesuatu, saya pemusik ya tentu saya membuat musik," ungkap Iwan dalam peluncuran album Satu di Pisa Kafe Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).

Dalam proses pembuatan album tersebut, pelantun tembang "Bento" ini mendapat banyak pengalaman unik. Apalagi kolaborasi dengan empat band yang punya karakter dan kelebihan masing-masing.

"Saya butuh waktu lama masuk ke dalam situ. Ini pikiran kita bersama, akhirnya terwujud," kata Iwan. 

Menurut Iwan, album ini lebih membahas persoalan cinta. Cinta yang universal.

"Bahas tentang Cinta di album ini, jadi saya cuma bisa bersyukur dengan adanya album Satu ini," ucapnya. 

Sementara itu, menurut Indrawati Wijaya, produser musik Musica Studio yang menaungi empat band tersebut, keinginan untuk menggarap album kolaborasi sudah digagas sejak lama.

"Sebenarnya sudah lama pengin kerjasama bareng dengan Iwan Fals. Waktu itu di Bali kita diskusi dan silaturahmi dan terjadilah album Satu ini. Kemudian kita sampaikan ke Nidji, NOAH, Geisha dan D'MASIV," ujar Acin, sapaan akrabnya. 

Album Satu berisi 10 materi lagu yang terdiri dari lima lagu lama dan lima lagu baru yakni "Yang Terlupakan" (Noah), "Pesawat Tempur" (Nidji), "Izinkan Aku Menyayangimu" (Geisha), dan "Entah" (D'MASIV).

Selain itu ada "Para Penerka" (Iwan Fals ft. Noah), "Tak Seimbang" (Iwan Fals ft. Geisha), "Satu-satunya" (Iwan Fals ft. D'MASIV), "Hidup yang Hebat" (Iwan Fals ft. Nidji), "Kemesraan" (Kolaborasi semua artis), dan "Abadi" (Kolaborasi semua artis).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com