Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sophia Latjuba Ajak Dukung Kampanye #TolakRUUPertembakauan

Kompas.com - 24/05/2016, 13:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Sophia Latjuba mengajak masyarakat untuk mendukung kampanye #TolakRUUPertembakauan, melalui akun Instagram-nya @sophia_latjuba88.

"Yuk, dukung ini. #TolakRUUPertembakauan @KompakCo @KerenTanpaRokok @BebasRokokID @TanpaRokokID," tulisnya, Selasa (24/5/2016).

Ia juga memajang sebuah poster iklan layanan masyarakat bertuliskan "Selamat! Anda Melindungi Bandar Produk Mematik Berkedok Citarasa dan Warisan Budaya" dan "RUU Pertembakauan Izin Resmi Membunuh Indonesia".

 

Yuk, dukung ini. #TolakRUUPertembakauan @KompakCo @KerenTanpaRokok @BebasRokokID @TanpaRokokID

A photo posted by ????????Sophia Latjuba???????? (@sophia_latjuba88) on May 23, 2016 at 9:53pm PDT

Iklan yang diluncurkan oleh Komnas Pengendalian Tembakau bermakna sindirian terhadap RUU tersebut. Banyak yang memberi dukungan dan setuju akan itu, tetapi ada pula netizen yang mempertanyakan ajakan Sophia tersebut.

"Bagaimana nasib petani tembakau? Bagaimana nasib jutaan orang yang bekerja di perusahaan rokok? Bagaimana kalau mereka adalah kepala keluarga yg harus menghidupi anak dan istrinya?" tulis seorang netizen dalam kolom komentar.

"Iya lebih baik jutaan orang mati krn penyakit disebabkan rokok," jawab kekasih Ariel "NOAH" itu menyindir.

Tahun lalu, RUU Pertembakauan dimasukkan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2015 - 2019.

Sejak itu, timbul pro kontra. Yang tak setuju menilai RUU tersebut berpotensi mengancam Indonesia, dari isu eksploitasi, lingkungan hingga isu kesehatan.

Sedangkan, DPR beralasan pembahasan RUU itu tujuannya untuk melindungi industri tembakau, khususnya para petani dalam negeri. Dengan demikian petani tidak merugi, tidak mematikan pabrik rokok kretek, dan tetap memperhatikan masalah kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com