Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raffi Ahmad: Jadi "Dubber" Butuh Kesabaran

Kompas.com - 09/06/2016, 17:05 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Raffi Ahmad dipilih oleh Disney Pixar untuk menjadi penyulih suara (dubber) salah satu karakter dalam film animasi Finding Dory.

Raffi pun menuturkan pengalamannya menjadi penyulih suara karakter Bailey, seekor paus beluga dalam film tersebut.

"Kalau jadi dubber harus cepat dan ngepasin dengan mulut karakter. Harus sabar-sabar, kalau kita enggak sabar bisa frustrasi," ujar Raffi saat jumpa pers di Hotel JS Luwansa, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2016).

Raffi mengatakan, ada sutradara vokal yang mengarahkannya ketik proses sulih suara (dubbing) berlangsung.

Meskipun Raffi cukup berpengalaman terlibat dalam pembuatan film, ternyata ia mengalami kesulitan ketika mengisi suara. Raffi mengaku bisa sampai 15 kali mengulang proses rekaman dalan scene tertentu.

"Ini bisa 10 atau 15 take, apalagi kalau karakter aslinya cepat. Ada timing, kapan sudah mulai masuk suara kita. Jadi dubber bener-bener harus sabar," ujar dia.

"Kelihatannya gampang tapi pelaksanaanya enggak gampang," sambung dia.

Ini pengalaman perdana Raffi menjadi pengisi suara.  "Ini proyek pertama kali jadi dubber untuk satu buah film yang durasinya panjang. Apalagi ini animasi dari Disney," ucapnya.

Sementara itu Head of Studio Marketing The Walt Disney Studios Indonesia, Fitra Rifai, mengatakan, sosok Raffi dinilai mirip dengan karakter Bailey.

"Bailey ini karakternya fun, kehadirannya selalu memberikan kebahagiaan bagi semua yang ada di sekelilingnya. Itu sesuai dengan Raffi yang selalu fun mengisi berbagai program acara di TV," ucapnya.

Pihaknya, kata Fitra, tidak melakukan casting terhadap karakter Bailey. Raffi ditunjuk berdasarkan keputusan yang sangat cepat berdasarkan hasil diskusi.

"Kami tidak lewat casting tapi lewat diskusi. Tanpa berpikir panjang nama Raffi langsung muncul di permukaan," kata dia.

Artis lain yang terlibat dalam film ini adalah penyanyi Syahrini. Ia dipilih untuk mengisi suara Destiny, seekor paus bintik.

Sementara itu untuk karakter-karakter lain, Disney Pixar Indonesia menggunakan penyulih suara profesional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com