Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agnes Davonar Persembahkan "Surat Kecil untuk Tuhan" Seri Terbaru untuk Mendiang Mantan

Kompas.com - 26/07/2016, 21:45 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis Agnes Davonar kembali membuat novel berjudul sama dengan karyanya yang sempat populer beberapa tahun lalu, Surat Kecil untuk Tuhan.

Dengan mengusung cerita yang sangat berbeda dari novel awal, Agnes mendedikasikannya untuk mendiang sang mantan kekasih.

"Saya ingin mempersembahkan novel itu untuk mantan saya. Dia sudah meninggal, kecelakaan pesawat saat bertugas. Dia tentara," kata Agnes saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016).

Surat Kecil untuk Tuhan seri terbaru itu bermula dari cerita pendek Agnes tentang anak jalanan yang dieksploitasi seorang pria yang berkedok orangtua asuh.

Tak ada sedikit pun kisah novel itu yang berhubungan dengan mendiang mantannya, kecuali nama salah seorang tokohnya.

"Namanya aja sebagai tokoh Wira. Dia tentara," kata Agnes.

Semasa hidup, sang mantan sempat mengutarakan permintaan khusus kepada Agnes tentang karakter Wira itu.

"Dia kan tahu semua tokoh laki-laki di novel saya itu rata-rata meninggal. Dia waktu masih hidup, minta supaya tokohnya enggak meninggal," ucapnya.

"Eh, dia malah meninggal. Pas tinggal 20 persen novelnya jadi, mantan saya meninggal. Makanya, di novel tokoh namanya Wira tidak meninggal. Tokohnya dihidupkan," kata Agnes.

Saat itu, ia pun berhenti menulis untuk beberapa waktu. Hingga akhirnya ada tawaran membuat seri khusus Surat Kecil untuk Tuhan dan diangkat ke layar lebar, Agnes kembali bersemangat.

"Waktu itu saya pikir, mantan saya sudah meninggal, jadi kalau bikinnya mungkin terlalu berat. Tapi saya berpikir lagi, ada atau enggak ada mantan, saya pernah berjanji bikin," kata Agnes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com