Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ayu Dewi Hindarkan Anak dari Obesitas

Kompas.com - 30/07/2016, 16:03 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Adanya kasus obesitas pada anak di Karawang, Jawa Barat, membuat pembawa acara Ayu Dewi merasa perlu mengontrol pola makan putrinya, Aqilah Dewi Humairah. Ia pun memilih mengarahkan si kecil untuk makan buah dan sayur.

"Saya bukan dokter tapi ya saya tahu manis paling bagus ya dari buah. Vitamin yang bgus dari sayur dan semua bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan. Jadi anak-anak itu sampai di usia belum bisa milih mana yang baik dan buruk sebaiknya kita mengarahkan," katanya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2016).

Selain itu, Ayu juga membatasi putri tunggalnya itu dalam mengonsumsi permen dan cokelat.

"Anak saya misalnya sebelum tidur sikat gigi jangan makan permen dan harus dikontrol-kontrol makanan yang dikonsumsinya. Jadi anak itu bisa tahu, kalau malan permen dan cokelat kebanyakan, nanti giginya bolong," jelasnya.

Sebagai penggantinya, pembawa acara Dahsyat ini pun memberikan kismis atau buah saat anak ingin kudapan.

"Aqila suka ngemil tapi kita suka kasih kismis, buah, puding yang banyak serat gitu deh," katanya.

Ayu mengakui bahwa membatasi anak-anak untuk mengkonsumsi kudapan manis memang sulit. Tak jarang ia harus sedikit galak demi kebaikan sang anak.

"Dia doyan manis-manis, tapi itu tugas kita. Kalau dibilang galak terserah deh. Dia kan belum tahu itu bagus apa enggak. Dia belum tahu makan permen sebelm tidur tanpa sikat gigi bikin giginya bolong, dia belum tahu, itu tugas kita. Jadi kita kasih tahu, rajin sikat gigi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com