Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riri Riza Libatkan Kru Lokal untuk Film "Athirah"

Kompas.com - 11/08/2016, 17:53 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sutradara ternama asal Makassar, Riri Riza, menjelaskan kesiapan penayangan perdana film Athirah yang dijadwal tayang secara serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 29 September 2016.

Riri Riza mengatakan, saat ini ia sedang fokus mengamati respons masyarakat terhadap film yang diadopsi dari novel karya Alberthiene Endah tersebut.

"Iya, sudah ditetapkan jadwal penayangannya pada 29 September nanti. Dalam film ini, banyak kru lokal dari sini yang terlibat seperti asisten sutradara, make-up artis dan bagian casting juga beberapa dari sini (Makassar)," katanya saat menghadiri kegiatan Makassar SEA Screen Academy, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/8/2016).

Pria berkacamata itu menjelaskan, dirinya saat ini tidak dalam proyek pembuatan film baru karena ingin lebih fokus ke penayangan film yang telah digarap sejak 2015 tersebut.

Menurut dia, sebelum film yang menceritakan kisah hidup ibunda Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla itu dibuat, survei telah dilakukan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sejumlah kabupaten dan kota berhasil disurvei dan dikunjungi, yakni Makassar, Maros, Bone, Wajo, Soppeng, Parepare dan Bulukumba, untuk mencari lokasi-lokasi shooting yang bernuansa tempo dulu sehingga bisa sesuai dengan cerita yang ada dalam novel karya Alberthiene Endah tersebut.

Sebelumnya, Riri Riza merencanakan penayanganya pada Juli 2016 atau setelah Lebaran 2016. Namun, karena beberapa hal sehingga tidak bisa melaksanakan sesuai rencana awal.

Riri berharap dalam penayangan perdananya nanti, khususnya di Makassar bisa mendapat respon yang tinggi dari penonton.

Film Athirah merupakan film Indonesia yang diproduksi Miles Film dan disutradai Riri Riza. Film ini melibatkan sejumlah atris ternama, antara lain Cut Mini, Jajang C Noer, dan Arman Dewarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com