Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Hidup Mbah Gotho Bikin Iwan Fals Makin Bergairah

Kompas.com - 04/09/2016, 19:31 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis yang juga pencipta lagu Iwan Fals merasa lebih begairah di usianya yang ke-55 berkat Suparman Sidomejo alias Mbah Gotho.

Hal itu dikatakan Iwan kepada Kompas.com sebelum tampil dalam "Perayaan Karya", konser untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55, di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.

"Saya bergairah banget. Kalau dipresentasekan itu 111 persen, apalagi ada (berita tentang) Mbah Gotho kemarin saya semakin bergairah," kata Iwan.

Sebagai informasi, Mbah Gotho adalah warga Kelurahan Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah. Ia memiliki KTP dengan catatan lahir pada 31 Desember 1870.

Dengan patokan tanggal lahir itu, berarti usianya sudah 146 tahun atau hampir tiga kali usia Iwan Fals.

Di usia yang sudah lanjut itu, Mbah Gotho itu sering menghabiskan waktu dengan mengisap tembakau sembari duduk di kursi miliknya di teras rumah.

[Baca: Tercatat Lahir pada 1870, Mbah Gotho Masih Kuat Makan dan Minum Sendiri]

 

Badan tak lagi tegak, kulitnya pun sudah mengeriput. Namun, Mbah Gotho tetap bersemangat menceritakan pengalaman hidupnya.

Pendengarannya sudah banyak berkurang sehingga membuat lawan bicaranya harus menaikkan volume suara.

Dengan kisah hidup tersebut, di usianya yang saat ini Iwan mengaku ingin lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Ia juga ingin berbagi energi positif kepada para penggemarnya melalui sebuah pesan.

"Pesannya, saya ingin sekali menghargai orang lain, menghargai alam semesta, menghargai diri sendiri. Kadang kita fokus sama orang lain tapi lupa sama diri. Fokus dengan diri sendiri tapi kita malah lupa sama orang lain, sama alam semesta," tuturnya.

KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Artis musik legendaris Iwan Fals tampil dalam konser 'Perayaan Karya' untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-55 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.

KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Artis musik Iwan Fals tampil dalam konser 'Perayaan Karya' di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/9/2016) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com