Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Artamevia Tak Tahu Gatot Gunakan Senjata Asli atau Palsu

Kompas.com - 14/09/2016, 22:19 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Reza Artamevia tak memungkiri bahwa ia pernah melihat ada properti senjata api dalam pengambilan gambar film Azrax yang dibintangi Gatot Brajamusti.

Namun, perkara senjata api tersebut asli atau tidak, Reza tak tahu pasti. Hal ini diungkapkan oleh Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto usai memeriksa sang pelantun "Keabadian" di Resmob Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2016).

"Iya sejauh ini Reza sendiri tidak tahu apakah senjata itu asli atau tidak. Tadi ditanyakan ke sutradara, itu digunakan sebagai properti dan dikembangkan nanti art director dalam film tersebut. Penyelidikan ini nanti akan maju dan berkembang," kata Budi.

Untuk itu, penyidik akan memanggil penanggung jawab properti film yang juga diperankan oleh Nadine Chandrawinata, Elma Theana dan Reza Artamevia itu.

"Kami agendakan hari Jumat atau minggu depan. Proses penyidikan berkembang. Nanti kami akan berkembang sesuai situasi selanjutnya dari keterangan yang diperoleh hari ini," jelas Budi.

Menurut polisi, penggunaan senjata api asli dalam sebuah film akan lebih berisiko. Pasalnya, pemilik atau pemegang senjata api harus memiliki izin khusus dan tak bisa sembarangan.

"Dilihat dulu skalasinya. Sejauh ini sangat berisiko tinggi. Karena untuk menggunaaan senjata api itu tidak mudah. Harus ada SOP yang dilakukan. Apalagi itu senjata api. Jenis film apa yang harus menggunakan senjata api," kata Budi menekankan.

Namun, lanjut Budi, bukan berarti tidak boleh menggunakan senjata api asli dalam film. Pihak produksi harus meminta izin khusus kepada yang berwenang.

"Boleh. Asal prosedurnya dilakukan. Mereka kirim surat dulu. Pihak kepolisian akan menganalisa apakah untuk pembuatan film tersebut layak diberikan izin penggunaaan senjata api. Kalau yang palsu saja mungkin tidak ada masalah," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com