Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cut Mini Butuh Banyak Energi untuk Perankan Ibunda Jusuf Kalla

Kompas.com - 23/09/2016, 08:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Cut Mini mengungkapkan, berakting sebagai ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla, Athirah, bukanlah pekerjaan mudah. Ia butuh energi yang cukup besar agar dapat menjiwai peran ini.

"Kalau dibilang sulit, awalnya emang sulit sekali. Memerankan Ibu Athirah memang lumayan berat dan butuh energi yang sangat banyak," katanya usai press screening film Athirah di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2016).

Tak heran jika Mini mengaku demikian. Pasalnya, dalam film yang disutradarai Riri Riza tersebut, ia dituntut untuk mampu membuat penonton merasakan seluruh emosinya hanya dengan ekspresi minim sesuai karakter Athirah yang digambarkan sebagai figur penyabar dan tegar.

"Tidak boleh ada sedikit pun emosi berlebihan sebagaimana yang tertera di skenario. Senyum saya pun tidak bisa selebar biasanya. Kebahagiaan tidak boleh terlihat jelas di wajah Athirah," kata Cut Mini.

"Semuanya samar. Sebenarnya dia itu bahagia atau dia sedang merasakan apa?" tambahnya.

Selain mendalami perannya lewat skenario, pemain film Arisan! ini juga menggali karakter Athirah dari anak-anaknya yang menetap di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya reading full dengan Riri (Riri Riza) selama dua bulan," ujarnya.

"Saya bertemu dengan anak tertua Bu Athirah. Kami ngobrol banyak. Dia bilang, 'Ibu saya itu sangat baik, penyabar, kekuatannya itu tidak tahu darimana'. Selalu ada makanan di rumahnya," kata Mini.

Athirah mengangkat kisah nyata ibunda Wapres Jusuf Kalla dengan latar keluarga Bugis-Makassar. Cerita dalam film yang skenarionya ditulis oleh Salman Aristo ini diadaptasi dari novel karya penulis Albertheine Endah.

Film produksi Miles Films itu dijadwalkan tayang di jaringan bioskop Tanah Air mulai 29 September 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com