Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adele dan "25" Mencetak Sejarah di Amerika

Kompas.com - 28/09/2016, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi Inggris Adele melaju tak tertahankan. Album terakhirnya, 25, terjual hingga 10 juta kopi di Amerika Serikat saja.

Dengan prestasi itu, Recording Industry Association of America (RIAA) memberinya sertifikasi Diamond, seperti dilansir Forbes, Selasa 927/9/2016).

Hebatnya, Adele merebut prestasi itu kurang dari satu tahun. Album 25 dirilis pada November 2015 dan sejak itu langsung merajai penjualan album di industri musik.

Sertifikat Diamond sebenarnya sudah diprediksi sejak album itu dirilis tahun lalu. Album itu mematahkan semua rekor dalam industri musik.

Begitu dirilis album 25 langsung menduduki puncak tangga Billboard 200 dan terjual hingga 3,38 juta pada minggu pertama.

Album 25 menumbangkan rekor No Strings Attached milik NSync terjual sebanyak 2.415.859 ketika dirilis pada tahun 2000.

Selain tentang sertifikasi Diamond, RIAA juga merilis sertifikasi lain yang didapat Adele. Album sebelumnya, 21, terjual sebanyak 14 juta di AS. Sedangkan album perdananya, 19, meraih triple platinum.

Sementara itu sejumlah single Adele juga mendapat sejumlah penghargaan. Single pertama dalam 25, "Hello", sudah mendapat tujuh platinum. Lagu berikutnya, "When We Were Young" juga mendapat platinum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com