Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis Album "Blue & Lonesome", Rolling Stones Kembali ke Akar

Kompas.com - 07/10/2016, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Setelah lebih dari 10 tahun, band legendaris The Rolling Stones akhirnya merilis album baru.

Album bertajuk Blue & Lonesome itu rencananya dirilis pada 2 Desember 2016 mendatang. Album studio terakhir mereka sebelum ini adalah A Bigger Bang (2005).

Sebelumnya, mereka merilis penggalan sebuah lagu melalui sebuah tweet dari akun @RollingStones, pada Selasa (4/10/2016). "COMING OCTOBER 6," begitu bunyi tweet tersebut.

Dua belas lagu dalam album itu direkam hanya dalam tiga hari di British Grove Studios di West London, pada Desember 2015 lalu.

Lagu-lagu itu digambarkan sebagai upaya yang "mengembalikan band tersebut ke akar dan kecintaan mereka pada musik blues yang selalu menjadi hati dan jiwa The Rolling Stones."

Album Blue & Lonesome itu diproduseri oleh Don Was dan Glimmer Twins, nama samaran yang digunakan Mick Jagger dan Keith Richards untuk karya mereka.

Proses rekaman album blues pertama mereka itu digambarkan penuh spontanitas. Diwarnai dengan penampilan live para personel Stones, yakni Jagger, Richards, drummer Charlie Watts, dan gitaris Ronnie Wood.

Ada peristiwa unik dalam proses rekaman tersebut. Jagger dan kawan-kawan menarik musisi legendaris Eric Clapton yang sedang menggarap album barunya di studio sebelah.

Akhirnya legenda musik blues Inggris itu malah terlibat dalam dua lagu pada Blue & Lemonade.

"Album ini merupakan perwujudan dari kecintaan mereka pada musik. Dan musik blue, bagi Stones, adalah sumber asli dari semua yang mereka lakukan," kata Don Was dalam pernyataannya.

Pada Rabu (5/10/2016) malam, The Rolling Stones memajang logo mereka yang kini didominasi warna biru melalui sebuah tweet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Billboard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com