Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fantastic Beasts" Dominasi "Box Office"

Kompas.com - 21/11/2016, 18:03 WIB

KOMPAS.com — Film Fantastic Beasts and Where to Find Them mendominasi box office selama akhir pekan dengan meraup 75 juta dollar AS pada penayangan perdananya di Amerika Utara.

Pendapatan film itu mengonfirmasi harapan tinggi Warner Bros atas hak cipta cerita itu dan keputusannya kembali dengan lima bagian serial fantasi itu.

Fantastic Beasts adalah produk berikut dari film Harry Potter. Ceritanya bukan mengenai Hogwarts, melainkan kisah di New York City pada 1920-an, dan secara keseluruhan menampilkan penyihir dan makhluk-makhluk mistis baru.

Studio menghabiskan 180 juta dollar AS untuk membuat film tersebut, dan meminta pembuat Harry Potter JK Rowling menulis naskahnya serta membawa kembali David Yates, sutradara beberapa film tentang bocah penyihir itu.

Eddie Redmayne menjadi Newt Scamander, penulis buku pelajaran dan kolektor binatang tituler.

"JK Rowling secara brilian mengisahkan cerita yang menginspirasi basis penggemarnya untuk keluar," kata Jeff Goldstein, presiden distribusi domestik Warner Bros.

Pembukaan film itu lebih halus dibandingkan dengan film-film Potter sebelumnya, tetapi Warner Bros berpendapat bahwa perbandingannya tidak adil.

Film itu dibuat berdasarkan buku laris, sedangkan Fantastic Beasts sebagian besar merupakan karya asli.

"Itu tidak sama," kata Goldstein.

"Itu apel dan kumquat (buah serupa jeruk)."

Para pemirsa mungkin menyambut kembalinya Potter, tetapi mereka dingin terhadap beberapa film baru, di antaranya drama tinju Bleed for This dan drama Perang Irak Billy Lynn's Long Halftime Walk.

Kedua film itu gagal. Bleed for This susah payah mendapatkan 2,4 juta dollar AS dan Billy Lynn's menghimpun 930.000 dollar AS setelah memperluas penayangan dari empat bioskop menjadi 1.176 bioskop.

Billy Lynn's telah mengumpulkan 1,1 juta dollar AS sejak pemutaran perdana terbatas sepekan lalu, bencana untuk film yang digadang-gadang bisa bersaing di Oscar.

Di bawah Fantastic Beasts ada Doctor Strange dari Marvel, berada di peringkat kedua dengan hasil 17,5 juta dollar AS untuk meningkatkan pendapatan kotornya di Amerika Serikat menjadi 181,5 juta dollar AS setelah tiga pekan di bioskop.

Trolls dari DreamWorks Animation menempati posisi ketiga dengan pendapatan 17,5 juta dollar AS, menambah penghasilan totalnya menjadi 116,2 juta dollar AS.

Sementara film fiksi ilmiah Arrival dari Paramount yang dibintangi oleh Amy Adams duduk di peringkat keempat dengan 11,8 juta dollar AS, menambah pendapatan kotornya di Amerika Serikat menjadi 43,4 juta dollar AS.

Film Universal Almost Christmas melengkapi penghuni peringkat lima teratas tangga film mingguan box office dengan hasil tujuh juta dolar AS, membuat pendapatan film itu di Amerika Serikat mencapai total 25,4 juta dollar AS menurut warta kantor berita Reuters.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com