Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika Paling Senang "Berantem"

Kompas.com - 15/12/2016, 20:35 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Raditya Dika mengaku paling senang skenario film Hangout yang ditulis dan disutradarainya mendapat kritik dari lawan mainnya.

"Saya sebagai sutradara dan penulis skenario paling senang berantem. Artinya ada gagasan dari teman lain. Kalau tidak diskusi artinya tidak sayang," kata Dika saat jumpa pers film Hangout di The Prohibition, di Plaza Senayan Arcadia, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

Salah satu lawan main yang kerap mengkritik Dika adalah komika Soleh Solihun. Menurut Dika, mantan jurnalis musik tersebut bukan sembarangan mengkritik, melainkan memberikan masukan yang dinilainya akan menarik dan sesuai dengan jalan cerita film.

"Yang sering debat sama saya Soleh. Salah satunya termasuk ending-nya, diubah empat jam sebelum shooting. Tapi, itu yang saya senang," katanya.

Soleh sendiri mengaku punya alasan untuk mengkritik skenario yang disusun oleh Dika. Ketika itu ia memosisikan diri sebagai penonton daripada pemain.

"Saya ingin menempatkan diri sebagai penonton. Kalau saya nonton pasti akan bertanya-tanya, kenapa begini-begini? Jadi kalau aneh itu enggak kuat filmnya," ujar Soleh.

"Jangan sampai kritikus mencari celah. Lucu atau tidak kan relaitf. Tapi, kalau logika yang bisa dipertanyakan akan mudah. Saya sebisa mungkin agar logika ini masuk akal," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com