Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seventeen: Musik Indonesia Masih Perlu Dibenahi

Kompas.com - 09/03/2017, 20:29 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seventeen menjadi salah satu grup band Indonesia yang mengaku peduli dengan musik-musik Tanah Air.

Ketika ditemui di sela gelaran d'Hot Music Day di Gedung Aldevco Octagon, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017), Seventeen menilai masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam industri musik Indonesia.

"Hari Musik Nasional adalah hari di mana saling mengingatkan, masih banyak yang perlu dibenahi. Ternyata masih banyak juga yang harus dikerjakan untuk musik Indonesia," kata Ifan, sang vokalis.

Dua hal yang menurut mereka perlu diberi perhatian khusus ialah soal pembajakan dan penggunaan hak cipta. Mereka menginginkan pemerintah memiliki regulasi soal pembajakan yang dapat dilakukan dengan baik.

Memang, pembajakan bukanlah hal yang baru. Namun, tak dimungkiri bahwa masalah ini sulit dihilangkan. Alhasil, pembajakan musik-musik Indonesia membuat para musisi merugi dan merasa tidak diapresiasi masyarakat.

Sementara itu, Ivan kembali berujar, "Ini kan terkait hak cipta. Mau itu secara fisik, mau secara digital, mau itu aecara komersil, itu belum ada regulasinya."

Guna mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, Seventeen mengaku punya jurus jitu.

"Kita pertahanin musik sampai kapanpun. Terus berinovasi, lakukan sesuatu yang baru terus-menerus," ucap Ifan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com