Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stevie Item: Musisi Indonesia Kurang Tempat "Manggung"

Kompas.com - 18/04/2017, 10:11 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Gitaris grup musik Andra & The Backbone, Stevie Item menilai salah satu masalah di industri musik Indonesia adalah kurangnya tempat untuk menggelar pertunjukan yang memadai.

"Ya kita kurang venuenya, masih sedikit, planning banyak, EO banyak, tapi ladangnya nggak ada. Kita selalu meladang di tempat yang  bukan tempat kita," kata Stevie dalam pelatihan bandcamp Supermusic.ID Rockin Battle di Rancamaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/4/2017).

"Inilah masalah yang harus kita hadapi bersama. Tetap berjuang ya," lanjut kakak kandung penyanyi Audy Item itu.

Stevie merupakan salah satu juri dalam ajang kompetisi musik rock Supermusic.ID Rockin Battle.

Juri-juri lainnya adalah Ian Antono (gitaris God Bless), Iman (vokalis band JRock), Stephan Santoso (gitaris band Musikima), dan Gege Dhirgantara.

Stevi yang juga Pentolan dari grup band Deadsquad itu menuturkan selama ini para musisi memiliki keterbatasan ruang dalam berekspresi.

"Akhirnya kita end up di tempat-tempat multifungsi jadi venue. Kita main di small club yang bukan khusus musik, kafe atau bar yang disulap jadi panggung," tutur Stevie.

Ia berharap ada orang kaya Indonesia yang tergerak berinvestasi di industri musik dengan membangun venue untuk pertunjukan musik.

"Buat temen-temen yang papanya tajir berat, bikin venue musik aja, supaya kita ikut bergerak. Sebagai pejuang musik coba lu mikir deh kalau venue banyak, kita akan sering manggung," kata Stevie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com