Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa: Spirit Kartini Ada di Setiap Perempuan

Kompas.com - 21/04/2017, 06:29 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Gita Gutawa (23) merasa terinspirasi dengan sosok pahlawan RA Kartini. Ia merasa bahwa setiap perempuan mempunyai jiwa seperti Kartini.

“Spirit Kartini tuh ada di setiap perempuan Indonesia karena perjuangan beliau bukan fisik ya, perjuangannya lebih intelek. Dan beliau berjuang lebih ke passionya dia dengan menulis,” kata Gita saat dijumpai dalam acara Kartini Masa Kini di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017) malam.

“Bisa kita contoh sebagai perempuan Indonesia sekarang, dari Kartini itu tadi, menggapai cita-cita ya, lewat apa yang kita sukai,” sambungnya.

Ia pun memberi contoh. Kartini yang senang menulis pun memperjuangkan hak-haknya lewat tulisan.

“Kalau saya lewat musik. Perempuan lainnya ada yang lewat pendidikan, ada yang lewat olahraga, ada yang lewat kedokteran,” ujar pemilik album The Next Chapter ini.

Sebelumnya diberitakan, Gita digandeng oleh musisi Melly Goeslaw untuk menyanyikan lagu “Memang Mengapa Bila Aku Perempuan” yang menjadi soundtrack Kartini. 

"Lagu ini sarat pesan tentang empowering perempuan. Lagu bertema seperti ini di Indonesia belum ada. Kalau ada, ya, tentang ibu atau cinta," ujar Gita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com