Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Ayunda Berharap Anak Muda Indonesia Jadi Pelajar Mandiri

Kompas.com - 28/04/2017, 21:35 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Maudy Ayunda menginginkan agar anak-anak muda Indonesia bisa menjadi pelajar mandiri, yang berinisiatif untuk mencari pengetahuan di luar bangku sekolah. Tak pasif atau selalu menunggu 'suapan' ilmu dari guru atau dosen.

"Aku harap anak-anak muda sekarang bisa jadi pelajar mandiri. Mereka bisa belajar mengerti dengan cara berpikir kritis, tidak hanya menyerap, mungkin bisa memberi angle berbeda," kata Maudy dalam diskusi pendidikan berbasis teknologi di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Maudy mengatakan, menjadi mahasiswa di Oxford University, Inggris, membuatnya paham bagaimana cara belajar yang seharusnya.

"Salah satu yang bisa menjadi sumber inspirasi buat pendidikan Indonesia adalah kalau di sana murid-muridnya empower, ada self learning yang terjadi. Jarang sekali ada guru atau profesor yang ngajarin dari nol. Anak-anaknya disuruh belajar sendiri dulu, terus habis itu baru yang dilakukan hanya berdiskusi dan mengevaluasi," kata Maudy.

Banyak sekali alternatif lain untuk belajar selain di ruang kelas atau ruang kuliah. Misalnya, lanjut Maudy, ada perpustakaan atau internet. Apalagi saat ini lebih dimudahkan dengan semakin banyaknya video tutorial pelajaran di dunia maya.

"Akan menjadi masalah yang lebih besar lagi kalau selain kualitas guru tidak merata, murid-muridnya pun tidak bisa mencari alternatif lain belajar untuk mereka sendiri. It's a bigger problem when access ke cara belajar alternatif juga tidak ada atau kurang," ucapnya.

"Aku sempet dulu nonton video yang kebetulan ada di YouTube. Kita merasa kayak kita punya cara sendiri untuk akhirnya sampai pada titik mengerti. Bisa kita kembangkan ini di Indonesia," tambah Maudy.

Ia merasa sangat bersyukur bisa punya kesempatan merasakan sistem belajar di luar negeri. Dengan begitu, Maudy menjadi ingin membaginya juga dengan para pelajar Indonesia, menyuarakan pentingnya belajar dengan mandiri.

"Sebuah proses pembelajaran yang sangat berbeda aku rasa dan sangat membantu in shaping the person I am now. Kalau ditanya apa yang aku pelajarin dari sana adalah I really learn how to learn. Dari self learning, bisa jadi self creating, and maybe self teaching. Pihak masyarakat, pemerintah, swasta dan aku bisa membantu ini terjadi," kata Maudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com