Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Alasan Utama "Filosofi Kopi" Dibikin Sekuel

Kompas.com - 06/07/2017, 17:58 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekuel film Filosofi Kopi, Ben & Jody, akan segera tayang. Film garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko ini kembali menghadirkan duo Chicco Jerikho dan Rio Dewanto sebagai bintang utama.

Ditemui di kedai Filosofi Kopi, Jalan Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2017), Chicco mengungkapkan dua alasan utama mereka membuat sekuel.

Sebagai informasi, buku berjudul sama karya Dewi Lestari yang menjadi adaptasinya tak memiliki seri kedua.

"Ide awalnya karena sudah sukses dengan Filosofi Kopi pertama, diapresiasi oleh beberapa festival internasional, kami berdua juga sempat menang ensemble cast di Filipina. Akhirnya kami berinisiatif untuk buat yang kedua," ujar Chicco  kepada Kompas.com.

Di sisi lain, ide membuat sekuel dan bahkan trilogi, lanjut Chicco, sudah terpikirkan sejak awal Filosofi Kopi akan diproduksi.

Gagasan utamanya adalah untuk memberi ruang kepada petani kopi, barista, dan dunia kopi agar dikenal publik lebih dalam lagi lewat media film.

"Emang dari awal Filosofi Kopi ini bukan sekadar film, tapi yang awal itu kami ingin memperkenalkan profesi barista dan para petani kopi dan kopi-kopi yang ada di Indonesia. Karena kopi ini melalui proses yang sangat panjang. Akhirnya muncullah ide terpikir bikin sekuel," kata Chicco.

"Sekuel ini adalah kolaborasi banyak orang karena kami ini user generated movie. kami sempat melemparkan ceritanya pada audience. Ada sekitar 3.000 orang yang subscribe cerita, yang terpilih dua orang dari Bali dan Jawa Barat," tambahnya.

Lalu apakah sang pencipta Filosofi Kopi tetap terlibat?

"Penulis scriptznya Irfan Ramli dan Jenny Yusuf dan Angga Sasongko. Tapi tetap dikurasi oleh Mbak Dewi Lestari," ujar Chicco.

Filosofi Kopi akan tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 13 Juli 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com