Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Reza Rahadian: Saya Best Actor Pertama dari Indonesia dalam APFF

Dengan kata lain, Reza Rahadian berhasil mencetak sejarah untuk Indonesia dalam APFF, yang diselenggarakan sejak 1954.

"Untuk kategori aktor, kenapa saya senang banget, karena Indonesia pertama kali mendapatkan Best Actor sepanjang Asia Pasific Film Festival ini ada," ujarnya dalam wawancara di kantor Sinematek Indonesia, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017).

Reza Rahadian menjadi Best Actor dalam APFF 2017 berkat aktingnya sebagai Rudy Habibie dalam film Rudy Habibie (2016).

Dari informasi yang didapatnya, ia mengetahui bahwa Indonesia sudah beberapa kali masuk nominasi dan menang dalam kategori Best Actress.

Para aktris itu adalah Christine Hakim, Ria Irawan, Widyawati (film Perempuan Berkalung Sorban), dan Prisia Nasution (film Sang Penari).

"Tapi, buat Best Actor, ini yang pertama. Untuk menjadi yang pertama dalam sejarah keterlibatan Indonesia dalam APFF, buat saya itu kebanggan tersendiri," ujarnya.

Karena itu, Reza Rahadian merasa bahwa kemenangan itu bukan cuma untuknya, melainkan juga untuk Indonesia.

"Ini untuk Bangsa Indonesia, karena ini prestasi Indonesia. Ini adalah milik Bangsa Indonesia dalam arti saya mendedikasikan ini khususnya untuk masyarakat film, pecinta film Indonesia, dan aktor-aktor Indonesia," ucapnya.

Selain Reza menjadi Best Actor, komposer Tya Subiakto juga memenangi penghargaan Penata Musik Terbaik berkat karyanya untuk film Rudy Habibie.

APFF diselenggarakan oleh Badan Direktur Federasi Produser Film Asia Pasifik untuk memberi apresiasi kepada para insan film se-Asia Pasifik.

APFF ke-57 diadakan di Phnom Penh, Kamboja, pada 28-30 Juli 2017.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/08/04/122316210/reza-rahadian--saya-best-actor-pertama-dari-indonesia-dalam-apff

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke