Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manado Jadi Tuan Rumah Festival Film Indonesia 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam puncak penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini akan dihelat di Manado pada 11 November 2017.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua FFI 2017, Leni Lolang, dalam peluncuran ajang penghargaan perfilman itu di Sofia at The Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

"FFI 2017 akan diselenggarakan pada 11 November 2017 di Manado," kata Leni.

Pemilihan Manado sebagai tuan rumah FFI 2017 tak lepas dari bentuk apresiasi kepada daerah-daerah lain agar tak melulu terkesan berat sebelah atau hanya berpusat di Pulau Jawa.

"Manado juga belum pernah ada FFI dan ternyata pemerintah Manado juga berkeinginan," kata Leni.

Namun, Leni mengakui bukan hal yang mudah untuk memastikan kehadiran para sineas, khususnya nomine-nomine FFI 2017. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya penghargaan Piala Citra itu digelar di Jakarta dan sekitarnya.

"Terus terang tidak gampang karena stakeholder perfilman sebagian besar di Jakarta. Tapi kami akan berusaha memobilisasi para nomine ke Manado. Karena alangkah baiknya trofi diterima langsung oleh pemenang bukan perwakilan," ujar Leni.

Tahun ini akan ada 22 kategori nominasi dalam FFI 2017, di mana 18 di antaranya untuk film panjang. Lalu, empat lebihnya untuk film pendek, animasi, dan dokumenter. Sisanya penghargaan khusus berupa lifetime achievement dan in memoriam.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/08/21/220300010/manado-jadi-tuan-rumah-festival-film-indonesia-2017

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke