Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak Dipuji di Toronto

Film tersebut dipertontonkan dalam program Contemporary World Cinema TIFF 2017 di  Scotiabank Theater, Selasa minggu lalu (12/9/2017).

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, dengan pemain utama artis peran Marsha Timothy, diputar empat kali. Tiga kali untuk umum dan satu kali untuk kalangan media dan industri film.

"Terima kasih banyak telah membuat film ini. Film ini sungguh indah," kata salah satu penonton di sana dalam sesi tanya jawab bersama Mouly Surya, yang dikutip oleh Kompas.com dari keterangan tertulis yang dikeluarkan oleh rumah produksi Cinesurya pada Senin (18/9/2017).  

Tertulis pula dalam keterangan itu bahwa pujian juga datang dari para distributor film.

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak akan dipertontonkan di gedung-gedung  bioskop di 18 negara, termasuk AS dan Kanada.

Di Amerika Utara, yang terdiri dari AS dan Kanada, film tersebut diedarkan oleh Nothern Banner, yang berpusat di Toronto. Di AS, film itu diedarkan oleh KimStim dan Icarus.

"Mouly Surya telah menciptakan sebuah film yang luar biasa dengan tokoh perempuan feminis yang tampaknya menentang deskripsi perempuan pada umumnya dan kami berharap dapat membawa film ini ke teater-teater di Kanada," ujar Michael Paszt dari Nothern Banner, yang diberitakan oleh Screendaily.com.

"Kami dikejutkan oleh betapa indahnya shot di film ini. Ini adalah film panjang Mouly Surya yang ketiga dan pernyataannya di film ini lebih kuat dibandingkan film sebelumnya. Ini adalah feminist revenge drama yang sangat cerdas dan canggih yang benar-benar memuaskan untuk ditonton," kata Co-President KimStim, Mika Kimoto, yang ditulis oleh indiwire.com.

Sebelum diputar dalam TIFF 2017, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sudah dipertontonkan dalam Melbourne International Film Festival 2017 dan New Zealand Film Festival 2017 pada Agustus 2017, serta dalam Festival Film Cannes 2017, dalam Quinzane des realisateurs (Directors' Fortnight).

Ketika masih dalam bentuk naskah, film yang ide ceritanya datang dari Garin Nugroho ini lulus seleksi Asian Project Market di Busan International Film Festival 2015, Korea Selatan.

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy), yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly), yang menyatroni rumahnya.

Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi.

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan hasil kerja sama Cinesurya dengan Kaninga Pictures, Sasha & Co. Production (Perancis), Astro Shaw (Malaysia), Hooq Originals (Singapura), dan Purin Pictures (Thailand).

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Perancis lewat Cinemas du Monde dan pusat sinema CNC, Institut Francais.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/09/18/174911910/marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-dipuji-di-toronto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke