Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Disebut Lahirkan Genre Baru

"Kalau soal genre satay western ini memang di google enggak ada. Karena memang sebelum Marlina, belum ada istilahnya. Dari Variety bilang Marlina ini mempionirkan genre baru," kata Mouly dalam peluncuran poster film Marlina di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017) sore.

Sutradara film fiksi ini menjelaskan bahwa sebutan satay western itu kemungkinan berdasarkan genre film-film cowboy garapan sineas Italia yang dikenal sebagai spagheti western.

"Film western, film cowboy model-model Jango segala macam itu kan asalnya Amerika. Terus ada yang membuat spagheti western, maksudnya dibuat oleh orang-orang Italia. Spageti karena makanan Italia," ujar Mouly.

"Nah, film Marlina ini membuat film western, tapi Indonesia. Dan Maggie Lee dari Variety  mungkin cari-cari makanan apa ya dari Indonesia. Jadinya sate he he he," katanya lagi.

Sebagai informasi, kritikus film bernama Maggie Lee lewat ulasannya tentang film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dalam variety.com menyebutnya sebagai satay western.

"Indonesian director Mouly Surya pioneers a new genre — call it the Satay Western — with this female-driven journey of vengeance and justice. At the age of 36, Indonesian director-writer Mouly Surya has made the first Satay Western, and a flamingly feminist one at that," tulis Lee dalam artikelnya tertanggal 26 Mei 2017.  

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy) yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly), yang menyatroni rumahnya.

Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi. Proyek ini merupakan hasil kerjasama Cinesurya dengan Kaninga Pictures, Sasha & Co. Production (Perancis), Astro Shaw (Malaysia), Hooq Originals (Singapura), dan Purin Pictures (Thailand).

Marlina mendapatkan dukungan dari dua kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Perancis lewat Cinemas du Monde dan pusat sinema CNC, Institut Francais.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/09/25/195443110/film-marlina-si-pembunuh-dalam-empat-babak-disebut-lahirkan-genre-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke