Salin Artikel

3 Masalah yang Terjadi Sejak Lagu "Akad" dari Payung Teduh Dirilis

Namun, layaknya pepatah "makin tinggi pohon, makin kencang angin yang menerpa", lagu "Akad" milik Payung Teduh pun punya sejumlah masalah. Ini dia daftarnya.

1. Foto tanpa izin

Saat "Akad" lagi panas-panasnya, klip video lagu milik band Payung Teduh itu justru tersandung masalah hak cipta.

Masalahnya adalah, foto perempuan dalam video itu digunakan tanpa izin. Vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad alias Is, mengaku bahwa ia dan dan rekan-rekannya sudah meminta maaf kepada perempuan bernama Kaori Okado itu.

[Baca: Video Lagu Akad Tersandung Hak Cipta, Payung Teduh Minta Maaf]

"Kalau minta maaf pasti, tapi dia lebih menuntut untuk video itu di-take down dulu," kata Is dalam sesi wawancara di area Soundrenaline 2017 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Minggu (10/9/2017) malam.

Tim produksi klip video "Akad", Seraya Creative Studio, juga telah melakukan permohonan maaf dan mengakui kesalahan mereka secara tertulis. Kini, sudah ada video Akad versi terbaru. Tapi, masih saja ada masalahnya.

2. Model video klip diolok-olok

Ternyata ia diolok-olok setelah foto dirinya dijadikan pengganti foto Kaori Okado dalam klip video tersebut.

[Baca: 5 Fakta di Balik Lagu Akad Milik Payung Teduh]

"Sempat sedih di beberapa hal karena sempat dibilang foto KTP lah. Ibunya kok jadi muda, jelek, enggak cocok atau apalah," kata Triya dihubungi Tribunnews, beberapa waktu lalu.

Namun, Triya tak ingin ambil pusing, sebab nyatanya banyak yang menantikan klip video "Akad" diunggah kembali.

3. Cover tanpa izin

Pasalnya, sejumlah musisi yang memproduksi lagu tersebut lalu menjualnya tanpa seizin manajemen Payung Teduh.

Hal ini langsung disesalkan oleh Is selaku vokalis Payung Teduh yang mengunggah video lewat akun Instagram-nya.

[Baca: Lagu Akad Di-cover dan Dijual, Payung Teduh Keluarkan Peringatan]

"Sebenarnya saya berusaha nahan diri bersama teman-teman Payung Teduh dan manajemen untuk tidak membuat video sejenis ini," kata Is.

Is mengatakan bahwa ada orang-orang yang tak bertanggung jawab dengan menyanyikan lagu "Akad" tanpa seizin Payung Teduh. Sebenarnya sah-sah saja untuk menyanyikan ulang lagu Akad, asal jangan dikomersilkan karena dianggap sama saja dengan membajak.

"Tapi melihat betapa brutalnya aktivitas digital terhadap lagu 'Akad', terima kasih atas penyambutan, buat apresiasi kalian, tapi udah ada produksi, ada yang rekaman, ada yang jualan, di Spotify, iTunes, tanpa seizin kami," lanjutnya.

"Lalu perform di tv tanpa izin kami. Enggak apa-apa, cuma harus izin aja," tuturnya.

Akan tetapi, Is merasa bahwa pihak manajemennya harus bertindak tegas akan hal seperti ini.

"Biar kita tertibin aja, sih. Jadi, tolong dibantu, apresiasi kami biar lebih bijak, bagi yang sudah kadung berproduksi, tungguin kami, kami samperin, oke!" tutupnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/10/04/172132810/3-masalah-yang-terjadi-sejak-lagu-akad-dari-payung-teduh-dirilis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.