Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Via Vallen Koplo Rasa Kids Zaman Now

Diiringi rasa penasaran yang tidak terlalu menggebu, saya pun mulai membuka rekaman video Via yang sudah diunggah ke Youtube.

Pikir saya, paling yang menonton videonya tidak akan pernah mengalahkan video para penyanyi luar seperti Adele lewat video lagu Hello yang ditonton  2.099.346.348 kali, Justin Bieber - What Do You Mean? yang ditonton 1.818.919.173 kali, atau video "Tum Hi Ho" Aashiqui 2 Full Song With Lyrics | Aditya Roy Kapur, Shraddha Kapoor yang ditonton 173,980,133 kali,

Mulailah saya menulis nama Via Vallen pada kolom pencarian Youtube. Dan... astaga, saat saya buka salah satu videonya yang berjudul "Sayang" yang dilansir 24 Februari 2017, sudah ditonton 75.998.584 kali pada 28 Oktober 2017 dan sudah menjadi 77.007.798 pada esok harinya, Minggu 29 Oktober 2017 (ada pertambahan sekira 1 juta viewer dalam satu hari).

Di bawahnya ada video berjudul "Selingkuh" yang diunggah 27 Januari telah ditonton 30.215.131 kali, "Secawan Madu" diunggah 16 Februari 2017 ditonton 21.193.933 kali, "Kimcil Kepolen" ditonton 28.129.172 kali, "Bojo Ketikung" ditonton 6.510.876 kali.

Saya pun kian penasaran dengan penyanyi ini, apakah yang menyebabkan dia seterkenal itu melebihi popularitas penyanyi dangdut lainnya belakangan ini sehingga dia memenangi ajang penghargaan dangdut sebagai "Pedangdut Paling Ngetop 2017"?

Tapi sebelum jauh menelisik kariernya, kepingin juga saya tahu data-data mengenai dirinya. Nama Lengkapnya Maulidia Octavia dan kemudian berganti nama menjadi Via Vallen dengan pertimbangan nama ini lebih komersial.

Lahir di Sidoarjo, Surabaya pada 1 Oktober 1990. Dara berberat badan 51 kg dan bertinggi 165 cm ini memiliki kulit putih.

Untuk melengkapi dirinya sebagai anak sekarang, Via pun menggunakan berbagai media sosial, mulai dari twitter (@ViaVallen01), Instagram: @viavallen, Facebook: @viavallenofficialpage. Kini, untuk menghimpun para penggemarnya, Via pun memiliki nama fans: vyanisty.

Ayu Ting Ting saat awal populer dengan lagu "Alamat Palsu" pada 2010 videonya ditonton 4.004.962 kali dan pernah ditonton 59.683.053 kali lewat video "Sambalado". Sementara Zaskia Gotik lewat video "Bang Jono" Remix ditonton 35.482.312 kali.

Penyanyi dangdut Cita Citata lewat video "Perawan atau Janda" ditonton 59.459.790 kali dan pernah mencapai angka 61.980.384 melalui video "Goyang Dumang", dan pernah mencatat angka fantastis lewat video "Sakitnya Tuh di Sini" yang ditonton sebanyak 81.623.736 sejak diunggah pada 3 Oktober 2014.


Tak lagi jualan goyang

Via memang jadi antitesis dari penyanyi-penyanyi dangdut kebanyakan yang mengandalkan goyang pada penampilannya, meski sebelumnya ada juga beberapa penyanyi yang tidak mengandalkan goyang seperti Evie Tamala, Ikke Nurjanah, Iis Dahlia, dan lain-lain. Inul barangkali menjadi penyanyi dangdut generasi terakhir di awal tahun 2003 yang masih "jualan" goyang.

Tren berikutnya justru menjual keceriaan dunia remaja yang polos dan lucu. Simaklah Ayu Ting Ting yang melejit di tahun 2010 dan Cita Citata pada 2014.

Via muncul dengan gaya kids zaman now, mulai dari cara berpakaian, ekspresi, hingga saat tampil. Inilah mungkin yang menyebabkan Via menjadi magnet bagi para penikmat musik di luar genre dangdut yang berbondong-bondong ingin melihat videonya di Youtube.

Kesimpulannya cuma satu: Via itu unyu! Ya, Via memang lucu, sebuah terminologi anak muda sekarang untuk mengatakan bahwa gaya Via itu "gue banget". Gayanya tidak aneh-aneh, make up-nya tidak berlebihan, tampilan di panggung juga bersahaja, nyante!

Jalan kejujuran

Dalam bahasa kesenian, Via sebetulnya sudah berjalan pada jalan yang pas, jalan kejujuran, sebuah jalan yang berangkat dari hati dan pasti akan sampai ke hati penggemarnya. 

Dia melakukan pekerjaannya sesuai dengan yang dia miliki. Sebagai penyanyi asal Sidoarjo, Via tak berupaya mengubah lidahnya untuk beraksen Jakarte atau Jekartha.

Sebagai wakil anak muda, Via juga berperilaku laiknya anak muda, baik dalam gaya bernyanyi maupun dalam berpakaian.

Sebagai wakil kids zaman now, Via juga memiliki daya kritis yang tinggi, sehingga dia bisa beradaptasi cepat di mana pun berada, dengan memberikan jawaban atau pertanyaan cerdas, termasuk saat dirinya diundang oleh Deddy Corbuzier di acara "Hitam Putih", atau saat dia berhadapan dengan seorang pembencinya di sebuah acara televisi swasta.

Itu artinya, jagad dangdut memang lebih dinamis, dan secara materi sudah pasti lebih menjanjikan. Dan mereka yang sudah muncul sebagai "kejutan" pastilah akan lebih cepat dan besar dalam mengisi pundi-pundi harta kekayaannya.

Sementara pada dunia pop, tak ada lagi penyanyi yang muncul seusai Isyana Sarasvati "meledak" di tahun 2015 lewat lagu "Tetap Dalam Jiwa" yang ditonton sebanyak 68,821,951.

Via Vallen adalah kejutan dangdut saat ini. Tapi percayalah, di belakang Via sedang antre para pemuda dan pemudi penyanyi dangdut yang siap menggoyang Via dan membuat kejutan yang akan bikin kita melongo.

Oh.. inilah kiranya peradaban yang sedang kita lewati, penuh kejutan dan kerap di luar perhitungan manajemen modern.

Lihatlah, pengamen dari pinggir jalan, dara dari kota-kota kecil, dengan manajemen seadanya, mendadak jadi bintang, melebihi penyanyi yang dikelola oleh manajemen artis.

Selamat datang Via Vallen!

@JodhiY

https://entertainment.kompas.com/read/2017/10/29/075440610/via-vallen-koplo-rasa-kids-zaman-now

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke