Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya Ringgo Agus Rahman Belajar Empat Bahasa dalam Waktu Singkat

Bukan cuma tentang perannya yang lebih serius, tetapi tuntutan untuk bisa berbagai macam bahasa. Dalam film arahan sutradara Salman Aristo ini Ringgo harus berbahasa Swiss-Jerman, Inggris, Thailand, dan Tamil (India).

Lalu bagaimana ayah satu anak ini berlatih dalam waktu singkat alias sepuluh hari?

"Saya tulis beberapa bahasa di tembok, di rumah. Supaya bangun tidur ngeliat itu, makan, ngeliat itu," kata Ringgo sebelum gala premier film Satu Hari Nanti di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

Ringgo juga mengucapkan satu dialognya dalam bahasa Tamil yang menurut dia paling membekas sampai sekarang.

"Kebetulan saya sama istri paling ingat itu. Artinya, musik itu lebih enak kalau misalkan kita nyanyiinnya rame-rame, barengan. Itu bahasa Tamil, bukan bahasa Hindi," ujarnya.

Sebetulnya ia dan pemain lain didampingi pelatih bahasa, namun Ringgo juga tetap berusaha memperlancar bahasa Swiss-Jerman-nya dengan orang-orang lokal di sana.

"Untuk ngomong Swiss-Jerman itu butuh penyesuaian. Harus belajar dari orang sana langsung. Soalnya ada Perancis-nya juga. Ada tokoh namanya Albert, dia yang ngajarin saya cara ngomong," kata Ringgo.

Aktris Adinia Wirasti, lawan main Ringgo, dalam film ini mengungkap sulitnya belajar bahasa Swiss-Jerman.

"Di Swiss bahasa ada empat. Perancis, Itali, Roma dan Swiss-Jerman. Kami di Jakarta belajar Jerman-Jerman, bukan Swiss-Jerman. Jerman-Jerman dan Swiss-Jerman kadang artinya beda. Bedanya kayak bahasa Indonesia dan bahasa Melayu," ucap Adinia.

Film Satu Hari Nanti mengangkat kisah tentang kegelisahan anak-anak muda dalam membangun komitmen ini di Swiss, baik dalam cinta, keluarga, maupun pekerjaan.

Lika-liku pertemanan dan kisah cinta yang kelam tumbuh bersama dalam mencari makna akan jati diri mereka di negeri orang.

Film yang akan tayang mulai 7 Desember 2017 ini menghadirkan Adinia Wirasti (Alya), Ringgo Agus Rachman (Din), Ayushita (Chorina), Deva Mahenra (Bima). Serta aktor kawakan Donny Damara yang berperan sebagai ayah Alya.

https://entertainment.kompas.com/read/2017/12/05/192337110/uniknya-ringgo-agus-rahman-belajar-empat-bahasa-dalam-waktu-singkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke