Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilusionis David Copperfield Dituduh Lakukan Kekerasan Seksual

Kepada The Wrap, perempuan bernama Brittney Lewis tersebut mengatakan saat itu ia berusia 17 tahun.

Lewis menuturkan ia bertemu Copperfield ketika mengikuti lomba modeling "Look of the Year" di Atami, Jepang. Ilusionis itu merupakan salah satu juri lomba.

Usai lomba, kata Lewis, Copperfield mengundangnya ke sebuah pertunjukan di California. Lewis menuduh ketika itulah sang ilusionis memasukkan obat bius ke minumannya. Akibatnya ia tidak sadarkan diri.

Yang diingat Brittney Lewis dari kejadian malam itu adalah Copperfield melepas bajunya lalu menciuminya.

"Pagi harinya dia bilang malam itu tidak terjadi apa-apa karena saya di bawah umur. Dia juga mengaku tidak menyetubuhi saya," tutur Lewis.

Menurut Lewis, keesokan paginya Copperfield memaksanya menulis surat pernyataan bahwa tidak terjadi sesuatu yang tidak pantas pada malam itu.

Sebelum berita itu mencuat Copperfield berbicara tentang gerakan #MeToo melalui Twitter, Rabu (24/1/2018) malam.

"Kita semua ingin orang-orang yang merasa menjadi korban kekerasan/pelecehan seksual untuk berdaya dan kita seharusnya mendengarkan, supaya lebih banyak lagi (perempuan) yang berani berbicara. Ini penting," tulis Copperfield dalam tweet-nya.

"Tetapi bayangkan rasanya, meyakini gerakan itu dan pernah dituduh melakukan pelecehan seksual di masa lalu. Mengalami kehidupanmu dan keluargamu berantakan," lanjut Copperfield.

Pada tahun 2007, mantan ratu kecantikan Lacey Carroll menuduh Copperfield melakukan kekerasan seksual di pulau pribadi pesulap itu.

FBI menyelidiki tuduhan itu dan menggerebek gudang Copperfield di Las Vegas. Namun kasus itu ditutup tanpa ada satu pun pihak menjadi tersangka.

Carroll kemudian didakwa melakukan tuduhan palsu serangan seksual terhadap seorang pria lain. Dia mengaku bersalah pada 2010. Dia dihukum denda dan menjalani kerja sosial.

"Selama bertahun-tahun saya hidup dengan tuduhan palsu tentang hal-hal mengerikan, sementara hanya sedikit yang memberitakan bahwa orang yang menuduh saya telah ditangkap dan bahwa saya tidak bersalah," kata Copperfield tentang tuduhan Carroll.

Copperfield juga menanggapi tuduhan baru yang dilontarkan Brittney Lewis.

"Ketika menghadapi badai baru, saya ingin gerakan ini (#MeToo) terus berkembang. Selalu dengarkan, dan pertimbangkan segala sesuatu dengan hati-hati, tetapi demi kehidupan orang lain, janganlah terburu-buru menghakimi," kata Copperfield.

#MeToo merupakan gerakan untuk mendorong orang-orang yang menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual untuk berani berbicara dan mengungkap kebenaran.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/01/25/164441410/ilusionis-david-copperfield-dituduh-lakukan-kekerasan-seksual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke