Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nadine Chandrawinata Belajar Kehidupan dari Laut

"Tulus aja, laut tuh dia ngasih sesuatu yang apa adanya. Dia nunjukin ikannya seperti ini, karangnya seperti ini, enggak ada yang dibuat-buat. Itu udah ciptaan Tuhan," kata Nadine dalam acara Scuba Diving & Keindahan Bawah Laut yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2/2018).

Perempuan yang pernah memandu program dokumenter wisata My Trip My Adventure itu mengaku banyak belajar tentang kehidupan dari laut.

"Jadi di situ aku belajar dari aku seorang penyelam melihat terumbu karang. Bahwa jadi manusia itu harus kuat sama seperti terumbu karang, meski hentakannya banyak dari arus, ditabrak ikan, kan hentakannya sama seperti rintangan hidup kita," Nadine bercerita.

"Jadi manusia itu harus kuat dan jangan takut untuk berproses. Kalau bisa jangam berpura-pura menjadi orang lain. Berikan kesungguhan hati dengan ikhlas. Apa adanya aja, itu yang mengajarkan aku saat aku berada di dalam laut," lanjutnya.

Tak sampai di situ, Nadine juga belajar tentang cara menghadaoi masalah dari kegiatannya sebagai seorang penyelam.

"Begitu juga menyelam, menyelam tuh pada saat masuk harus pelan-pelan begitu keluar juga pelan-pelan, artinya pasa saat kita menyelesaikan masalah kita dalami dulu masalahnya seperti apa, kita selesaikan pelan-pelan kalau enggak kan berantem," ungkap Putri Indonesia 2005 itu.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/02/24/205519010/nadine-chandrawinata-belajar-kehidupan-dari-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke