Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Lagu Populer Sheila on 7 dari Tahun ke Tahun

Lagu-lagu pop yang disajikan oleh grup yang kini terdiri dari Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bas), dan Brian (drum) ini hingga kini masih disukai oleh baik para penggemar lama maupun para penggemar baru.

Dalam 22 tahun berkarier, Sheila on 7 sudah menelurkan 10 album, yakni Sheila on7 (1999), Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000), 07 Des (2002), Ost. 30 Hari Mencari Cinta (2003), Pejantan Tangguh (2004), The Very Best of Sheila on 7: Jalan Terus (2005), 507 (2006), Menentukan Arah (2008), Berlayar (2011), dan Musim yang Baik (2014).

Dua album, yakni Sheila on 7 dan Pejantan Tangguh atau Pria Terhebat, juga diedarkan di Malaysia dan Singapura. Sheila on 7 pada 2000 dan Pejantan Tangguh atau Pria Terhebat pada 2005.

Inilah 11 lagu pop sepanjang masa dari Sheila on 7:

1. Dan

Lagu ini menjadi penanda langkah pertama keberhasilan Sheila on 7 dalam industri musik Indonesia. "Dan" berhasil membuat band dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal masyarakat.

Lagu ini pun langsung melejit dan menduduki tangga-tangga lagu radio Indonesia.

"Dan" sendiri berkisah tentang sebuah penyesalan seseorang atas kesalahan yang ia lakukan yang ternyata menghancurkan hati orang yang dicintainya.

2. Kita
Berkisah tentang persahabatan membuat lagu "Kita" mudah diterima masyarakat. Lagu ini merupakan singel kedua yang dikenalkan Sheila setelah lagu "Dan".

Lagu ciptaan Eross ini semakin mendapat tempat dari masyarakat setelah menjadi soundtrack sinetron seri Lupus Millenial.

Para pemain Lupus Millenial, yakni Irgy Fahrezy (Lupus), Mona Ratuliu (Popi), Fanny Fadilah (Boim), dan Fahmi Bo (Gusur), menjadi bintang klip video lagu ini.

3. Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki
Masih bertema cinta, lagu ini berhasil mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat musik.

Dalam klip video lagu ini, model dan artis peran Dian Sastrowardoyo menjadi bintangnya.

Judul "Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki" juga dipilih untuk judul album mereka yang diedarkan di Malaysia dan Singapura.

4. J. A. P
"Jadikan Aku Pacarmu" sangat pas didendangkan untuk menyatakan perasaan kepada seseorang. Dengan menghadirkan Dian Sastrowardoyo sebagai modelnya, klip video lagu ini menjadi salah satu yang layak diputar kembali untuk bernostalgia.

"Sebenarnya ceritanya buat selingkuhan. Pada akhirnya pun ada edukasinya juga, kalau HTS (hubungan tanpa status)-an itu enggak akan lama. Sudah lupain aja, jangan gitu-gitu (selingkuh) lagi," ujar Duta dalam sebuah acara bincang-bincang belum lama ini.

Selain terkenal karena komposisi, musik, dan liriknya, "Sephia" juga disebut-sebut memiliki kisah mistis. Namun, Eross, yang mencipta lagu ini, menampik kabar tersebut.

Menurut ia, nama Sephia hanya idenya untuk memberi nama seorang selingkuhan.

"Jadi, konsep awalnya itu ada kancil suka mencuri ketimun. Nah, orangtua bilang, jangan nakal kayak kancil yang suka mencuri ketimun. Nah, kalau Sephia itu ya kayak, 'Wah selingkuhan kalau dikasih nama lucu kali ya'," ungkap Eross.

Yang menarik, ketika lagu ini sedang mewabah, sebagian pria yang berselingkuh menjadi biasa menyebut wanita idaman lain (WIL) sebagai Sephia.

"Waktu itu ada beberapa orang kalau punya WIL atau yang lain mereka nyebutnya Sephia," papar Eross.

6. Sahabat Sejati
Lagu bertema persahabatan ini pas diperdengarkan untuk mengingat teman-teman yang berarti atau ketika bereuni.

Para model yang ketika itu sedang populer ditampilkan dalam klip video lagu ini. Mereka adalah Luna Maya, Dewi Rezer, Astrid Tiar, dan Samuel Rizal.

8. Pria Kesepian
Lagu yang satu ini cocok untuk para pria jomblo. Yang menarik, suara penciptanya, gitaris Sheila on 7, Eross Candra, juga mengisi pada bagian kedua lagu ini.

Hal ini memberi warna berbeda, karena selama ini Duta, vokalis Sheila on 7, saja  yang menyanyi.

9. Mudah Saja
Lagu ini berkisah tentang seorang pria yang sudah ditinggalkan kekasihnya.

Ketika pria itu sudah mulai melupakan perempuan tersebut, mantan pacarnya itu justru kembali dan menanyakan kabarnya. Salah satu lagu galau ini tenar pada 2009.

11. Lapang Dada
Lagu ini dirilis pada November 2014 dan bercerita tentang seseorang yang sudah berlapang dada untuk membiarkan orang yang dicintainya hidup bahagia meski tak bersamanya.

Konsep klip videonya menarik. Sheila on 7 tampil dalam sebuah acara pernikahan sebagaimana layaknya band pengisi acara.

Artis peran Tatjana Saphira didapuk untuk menjadi bintang klip video tersebut. Lagu ini seakan membuktikan bahwa Sheila on 7 masih ditunggu oleh para penggemarnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/04/060000710/11-lagu-populer-sheila-on-7-dari-tahun-ke-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke