Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini, Oscar Tak Ikuti Tradisi

Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), memilih empat  aktris untuk menyerahkan dua Oscar bagi pemeran utama baik pria maupun wanita.

Jennifer Lawrence dan Jodie Foster didapuk untuk mengumumkan Piala Oscar untuk pemeran utama wanita terbaik, seperti dilansir Variety.

Sementara itu Jane Fonda dan Helen Mirren bertugas mengumumkan pemenang Oscar untuk pemeran utama pria terbaik.

Biasannya, yang membacakan nominasi dan pemenang aktris pemeran utama terbaik adalah pemenang Best Actor tahun sebelumnya dan sebaliknya.

Namun pada Januari 2018 lalu, peraih Oscar untuk Best Actor 2017, Casey Affleck, mengundurkan diri dari tugas tersebut.

Hal itu disebut untuk menghindari kontroversi karena pada 2010 Affleck pernah menghadapi tuntutan terkait pelecehan seksual terhadap produser dan sinematografer filmnya, I'm Still Here.

Tindakan AMPAS memilih para aktris untuk mengumumkan pemenang pemeran utama terbaik ini sejalan dengan gerakan #MeToo dan Time's Up.
 
Sebagai informasi, #MeToo dan Time's Up merupakan gerakan melawan pelecehan seksual, bias gender, penyalahgunaan kekuasaan, dan diskriminasi di berbagai bidang.
 
Gerakan ini muncul setelah beberapa artis mengaku mengalami pelecehan bahkan kekerasan seksual oleh produser, sutradara, atau sesama aktor.
 
Pada Golden Globes 2018 yang digelar pada Januari 2018 lalu, para artis film menyuarakan kampanye Time's Up dan #MeToo dengan mengenakan gaun hitam. Beberapa di antara mereka, termasuk Meryl Streep, menggandeng aktivis gerakan antidiskriminasi.
 
Sementara itu, penyelenggara Oscar juga telah mengumumkan para artis yang akan membacakan nominasi dan mengumumkan pemenang Oscar.
 
Di antara mereka adalah Chadwick Boseman, Gal Gadot, Dave Chappelle, Mark Hamill, dan Daniela Vega. Penunjukan Vega menyita perhatian karena dia merupakan aktris transgender pertama yang menjadi presenter Oscar.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/04/091606610/tahun-ini-oscar-tak-ikuti-tradisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke