Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Rumah Kaca Jelaskan Alasan Undur Diri dari Delegasi Bekraf ke AS

ERK juga menyatakan bahwa mereka akan tetap berangkat ke SXSW dengan dana yang mereka cari sendiri.

ERK mengaku mengundurkan diri karena mendapati kejanggalan pada harga tiket pesawat pergi-pulang Jakarta-Austin-Jakarta yang dipasang oleh agen travel yang ditunjuk oleh Bekraf.

Menurut ERK, harga tiket pesawat di pasaran jauh lebih murah.

Hal itu diungkapkan oleh ERK melalui akun Instagram mereka, @sebelahmata_erk, untuk menjawab klarifikasi dari Bekraf melalui akun Instagram Bekraf.

"Setelah membaca klarifikasi yang dibuat oleh pihak Bekraf, kami merasa justru poin alasan utama pengunduran diri kami yaitu pemilihan tiket dengan harga yang tidak wajar tidak dielaborasi lebih lanjut," tulis ERK.

Disebut, Bekraf memutuskan hanya akan menanggung biaya lima dari sembilan personel ERK sebagai anggota-anggota delegasi ke SXSW 2018.

Itu karena Bekraf juga harus membagi dana yang ada untuk membiayai para anggota lain delegasi tersebut dan, menurut Bekraf, pihak SXSW 2018 hanya memberi jatah lima personel saja untuk tampil, karena keterbatasan pada panggung.

Sementara itu, lanjut ERK, pihak SXSW 2018 melalui e-mail telah menyatakan bahwa ERK sudah lulus kurasi dan boleh tampil dengan formasi sembilan personel. ERK lalu setuju untuk membiayai sendiri empat personel yang tak ditanggung oleh Bekraf.

Namun, sambung ERK, ERK mendapati kejanggalan ketika mengetahui harga tiket pesawat pada agen travel yang ditunjuk oleh Bekraf.

ERK mengaku kemudian bertanya kepada Bekraf mengenai rute dan jadwal penerbangan, maskapai penerbangan, harga tiket pesawat untuk membeli empat tiket personel yang tidak ditanggung Bekraf.

Sementara itu, disebut, Bekraf menyediakan dana Rp 47 juta per orang dengan rincian tiket fleksibel Rp 32 juta dan biaya akomodasi Rp 15 juta.

Tiket fleksibel digunakan agar penumpang leluasa mengubah jadwal penerbangan tanpa dipungut biaya tambahan atau denda.

Namun, setelah menelusuri situs resmi dua maskapai penerbangan, yakni China Airlines dan United Airlines, ERK mengetahui bahwa harga tiket ekonomi fleksibel hanya kira-kira Rp 21 juta dan harga tiket ekonomi hanya kira-kira Rp 18 juta.

Selain itu, menurut ERK, empat personel yang tak ditanggung Bekraf diminta oleh Bekraf untuk dimasukkan ke golongan kru, bukan personel ERK. Itu, lanjut ERK, membuat mereka mengalami kendala dalam mengurus visa.

"Titik inilah yang membuat kami yakin untuk memutuskan mundur dari dukungan finansial Bekraf. Kami memutuskan untuk berangkat menuju SXSW dengan menggunakan dana mandiri yang berasal dari dukungan oleh para sahabat, pendukung, dan pendengar ERK," tulis ERK.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/11/163248410/efek-rumah-kaca-jelaskan-alasan-undur-diri-dari-delegasi-bekraf-ke-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke