Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengidap Miom, Chacha Frederica Jalani Operasi di Singapura

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Chacha Frederica beberapa waktu lalu menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat miom yang ada pada tubuhnya.

"Iya ke Singapura. Aku ada laparoskopi, karena aku ada miom. (Di Singapura) laporan laparoskopi, dan aku langsung operasi di sana. Dibersihin, dilaser, mereka ada metodenya lah," kata Chacha saat dijumpai di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2018).

Gejala miom baru diketahui Chacha setelah masalah menstruasinya tak kunjung sembuh pasca-menikah. Ia mengalami persalahan menstruasi sejak duduk di bangku SMP.

"Sudah lama dari SMP. Kalau menstruasi dulu sakit banget kayak mau pingsan," kata dia.

Chacha sendiri awalnya tidak menyadari bahwa masalah menstruasi tersebut akan berakibat kurang baik bagi kesehatannya saat ini.

"Karena memang waktu itu kepikiran untuk ke dokter kandungan, saat itu, enggak ada. Karena waktu itu kami mengira bahwa ke dokter kandungan adalah untuk orang-orang yang sudah menikah. Kalau belum menikah ke dokter kandungan jadi aneh," ujar dia.

"Kenapa sekarang aku pengin mengedukasi perempuan-perempuan bahwa enggak apa-apa lho ke dokter kandungan. Karena kan orang takut ke dokter itu, kesannya kenapa-kenapa. Ih, jangan-jangan dia hamil duluan. Atau jangan-jangan dia sudah, maaf ya, dia enggak virgin. Padahal enggak kayak gitu. Jangan takut ke dokter kandungan karena paradigma-paradigma itu," ujar dia.

Saat ini, Chacha masih menunggu proses pemulihan selama enam bulan.

"Tunggu enam bulan dulu. Sekarang kata dokter sudah mulai oke. Insya Allah dalam waktu enam bulan ke depan bisa ada pembuangan secara alami. Tapi kalau belum terjadi, aku harus kembali ke Singapura untuk cek lagi," kata dia.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/14/115022710/mengidap-miom-chacha-frederica-jalani-operasi-di-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke