Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepergian Istri Kedua Opick dan Duka Istri Pertama

Perempuan yang beberapa waktu terakhir disebut-sebut sebagai istri keduanya, Wulan Mayasari, dikabarkan meninggal dunia.

Kabar itu datang tiba-tiba di tengah proses cerainya dengan istri pertama, Dian Rositaningrum, dan teka-teki sosok Wulan.

Pagi itu, beredar foto-foto di media sosial yang menunjukkan Opick tengah berdoa di samping jenazah yang ditutup kain hijau. Pelantun "Tombi Ati" itu juga tampak memegang dahi seorang perempuan yang terbaring di ranjang rumah sakit pada foto yang lain.

Benar saja, ketika dikonfirmasi, istri keduanya, Wulan Mayasari, meninggal dunia pada Minggu (18/3/2018) malam.

Rekan Opick, Ustaz Sholeh Mahmoed atau Solmed, mengungkap bahwa Wulan mengembuskan napas terakhir pukul 21.00 WIB di sebuah rumah sakit yang tak ia sebutkan namanya.

"Iya benar (Wulan meninggal)," kata Solmed saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Senin pagi.

Ia mengatakan, jenazah Wulan disemayamkan di kediaman Opick di kawasan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Sekitar pukul 09.30 WIB, jenazah istri kedua Opick itu disalatkan di Pondok Pesantren Tombo Ati milik Opick.

Setelah itu, jenazah Wulan dimasukkan ke dalam ambulans yang diparkir di Pondok Pesantren Tombo Ati milik Opick di kawasan Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Setengah jam kemudian, rombongan yang membawa jenazah Wulan dengan kawalan motor gede  (moge) tiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Cilincing, Jakarta Utara.

Dari Ustaz Derry Sulaiman yang merupakan teman dekat Opick, diperoleh informasi bahwa sebelum meninggal, Wulan mengalami keguguran dua bulan yang lalu.

Saat itu, Wulan melahirkan dengan normal, namun anak yang ia kandung selama delapan bulan ternyata meninggal dalam rahim.

"(Meninggal) di rumah sakit. Melahirkannya itu sudah dua bulan lalu, seorang putra. Tapi putranya Mas Opick itu meninggal pas umur delapan bulan di kandungan. Keguguran di dalam perut, meninggal di dalam rahim," ujar Derry saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Setelah kejadian itu, kesehatan Wulan berangsur menurun. Masih menurut Derry, selama dua bulan terakhir Wulan sering masuk keluar rumah sakit. Sampai pada Minggu malam kemarin, Opick menelepon Derry mengabarkan bahwa Wulan kembali dirawat.

"Ditelepon (Opick), istrinya masuk RS lagi, minta doanya. Terus jam delapam malam (Minggu) saya ditelepon lagi disuruh ke rumah sakit. Pas sampai sana, udah enggak ada (Wulan meninggal)," ujar Derry.

Kondisi Wulan sebelum berpulang itu juga disampaikan oleh Opick saat mengucapkan kata-kata pelepasan di samping makam sang istri.

"Dalam keadaan sakit, akhirnya dia melahirkan dengan normal. Usia bayinya delapan bulan, tetapi bayinya meninggal dulu dalam perut. Masuk ICU kemudian dia keluar lagi, masuk lagi, sakit lagi," kata Opick.

"Ketika dia melahirkan normal, maka semua dosanya habis. Bersih dia seperti bayi. Dalam detik-detik akhirnya, Allah ampunkan semua dosanya lewat sakit," sambungnya.

Sedangkan istri pertama Opick, Dian, mengungkap bahwa yang ia tahu Wulan mengidap diabetes sebelum meninggal.

"Beliau ada diabetnya (mengidap diabetes) juga, mungkin agak rentan juga kalau untuk hamil ya dan melahirkan," ucap Dian sesudah melayat di rumah duka di Pondok Pesantren Tombo Ati, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin (19/3/2018).

Mulanya Opick tampak tabah saat mengantar istri jenazah Wulan Mayasari ke peristirahatan terakhir. Namun, air matanya tak terbendung ketika ia mengenang sosok Wulan semasa hidup.

"Jadi Masya Allah, ini saya menjadi saksi Wulan ini orang yang istiqamah tahajudnya...," kata Opick.

Ia terdiam sejenak, suara Opick mendadak tertahan. Lidahnya seakan kelu, tak bisa melanjutkan kata-katanya. Sementara kerabatnya mengelus pundak Opick yang berusaha menenangkan diri.

"Kemudian dia setiap Jumat berkeliling memberi makan fakir miskin. Dia berikan dengan wajah yang gembira dan dia sangat dekat sekali dengan Al Quran," lanjut Opick.

"Saya pikir di dunia ini apakah ada perempuan soleha, ternyata saya menemukan itu," katanya lagi.

Opick kemudian mengusap air matanya dengan lengan kanannya, memeluk salah seorang kerabatnya, lalu dengan mata sembab menaburkan bunga di atas makam Wulan Mayasari.

Sebelum mendoakan istri keduanya itu, Opick turun ke liang lahat saat jenazah Wulan dimakamkan. Ia berjongkok di dalam liang lahat lalu mengumandangkan adzan.

Tak peduli baju koko putihnya dipenuhi tanah, Opick dengan telaten mengatur papan-papan kayu untuk menutupi jenazah Wulan. Setelah itu, ia naik kembali untuk melantunkan ayat-ayat Al Quran di samping pusara Wulan.

Meski tengah berproses cerai, Dian Rositaningrum, istri pertama Opick, turut memberi penghormatan terakhir untuk mendiang Wulan saat disemayamkan di Pondok Pesantren Tombo Ati.

Dian mengaku terlepas dari persoalan rumah tangganya, ia turut berduka atas kepergian Wulan.

"Ya saya berduka lah, mudah-mudahan almarhumah amalnya diterima Allah, diampuni segala dosanya, diberi tempat yang terbaik. Saling memaafkan. Saya juga mohon stop dengan berita-berita ini, saya juga sangat berduka sekali," katanya.

Ia mengaku mendapat kabar duka tersebut dari para sahabatnya. Namun, Dian tak bisa mengantar jenazah Wulan ke TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara, karena harus mengurus anaknya yang masih kecil.

"Mudah-mudahan Mas Opick yang sabar, kuat, semua ujian dari Allah, kami ambil hikmahnya," kata Dian.

Soal sidang cerainya dengan Opick yang rencananya digelar di Pengadilan Agama Jakarta Timur, Selasa (20/3/2018), Dian enggan membahasnya.

Dian menggugat cerai Opick ke Pengadilan Agama Jakarta Timur pada 5 Februari 2018 lalu. Diduga alasannya, karena Opick berpoligami.

"Ini ngomong duka cita aja ya, ini anak saya rewel," katanya.

Dian juga menolak memberi jawaban gamblang saat ditanya tentang kelanjutan perceraiannya dengan Opick, mencabut atau melanjutkan gugatan. Ibu empat anak itu menegaskan proses cerainya hingga saat ini masih tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Wallahualam ya. Allah yang kuasa. Insya Allah berharap yang terbaik aja dari Allah. Berjalan saja, mohon doanya untuk kami sekeluarga," ujar Dian.

Ibu empat anak ini lebih memilih mendoakan mendiang Wulan sekaligus berharap Opick tabah dan ikhlas.

"Mudah-mudahan Mas Opick ya... ya tadi beliau sudah bilang kan kalau ridho. Semoga almarhumah husnul khatimah," kata Dian.

 

https://entertainment.kompas.com/read/2018/03/20/082621310/kepergian-istri-kedua-opick-dan-duka-istri-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke