Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyanyi Remaja Ryan Chandra Beri Rasa Baru untuk Lilin-lilin Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi remaja Ryan Chandra Widjaja (14) menyanyikan lagu "Lilin-lilin Kecil" yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye.

Ryan mengaku sempat merasa beban ketika ingin membawakan lagu itu kembali mengingat mendiang Chrisye merupakan seorang penyanyi legendaris Tanah Air.

"Lagunya kan sudah banyak dinyanyikan orang, ini simbolik. Jujur, saya sempat kesulitan menyanyikan lagu ini karena maknanya cukup dalam dan butuh penjiiwaan," kata Ryan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (30/4/2018).

Ryan menambahkan, saat proses rekaman lagu yang diaransemen ulang oleh Iwang Noorsaid itu ia juga sempat merasa kesulitan ketika diminta memberikan rasa untuk lagu ini.

"Saat break sebentar (ketika rekaman), saya terus memikirkan makna lagunya untuk aku itu apa. Akhirnya setelah menemukan maknanya baru bisa melanjutkan lagi," ujar Ryan.

Kesulitan yang Ryan temukan saat membawakan lagu ini tak lantas membuatnya menyerah. Pasalnya ia terinspirasi dengan perjuangan Chrisye yang ia tonton di film Chrisye yang diperankan oleh Vino G Bastian.

"Setelah nonton film aku melihat bagaimana perjuangan Om Chrisye, mulai dari pemain band jadi penyanyi legendaris. Perjuangannya memotivasi aku untuk terus jalan di industri musik," ujar Ryan.

Semangat Ryan membuat istri Chrisye, Damayanti Noor, merasa senang. Baginya hal ini sekaligus akan tetap menghidupkan spirit Chrisye.

"Saya sanagat berterima kasih siapa yang mau membawakan lagu beliu. Saya senang pas dikasih tahu Iwang yang nyanyi anak remaja, biasanya kan orang-orang dewasa. Jadi spirit-nya yang berkelanjutan," kata Damayanti.

"Lilin-lilin Kecil" adalah lagu karya James F Sundah. Lagu ini memenangi Lomba Cipta Lagu Remaja yang diselenggarakan Radio Prambors pada 1977 yang kemudian dinyanyikan oleh Chrisye di tahun yang sama. Saat itu lagu ini diaransemen oleh artis musik Yockie Suryo Prayogo.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/05/01/190006110/penyanyi-remaja-ryan-chandra-beri-rasa-baru-untuk-lilin-lilin-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke