Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalan Mulus Animator asal Indonesia, Renald Taurusdi, Menuju Avengers: Infinity War

Renald menjabat sebagai Creator Technical Director di Industrial Light & Magic, anak perusahaan dari Lucas Animation yang menggarap efek visual Avengers: Infinity War.

"Awalnya saya backgroud-nya itu... keluarga saya memang support untuk saya ambil jurusan animasi," ucap Renald kepada Kompas.com dalam wawancara ekslusif di Marina Bay Sands, Singapura, baru-baru ini.

Mendapat dukungan penuh dari orangtua, Renald kemudian mengambil jurusan Animasi Digital hingga mendapat gelar Bachelor of Fine Arts di Digital Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, pada 2006 hingga 2010.

"Mulai dari situ setelah lulus, saya kerja di di salah satu perusahaan animasi lokal di Singapura," ujar Renald.

Sampai akhirnya, ia mendengar Industrial Light & Magic membuka program training, semacam program magang atau internship program. Renald kemudian melamar ke sana dan diterima di bidang simulasi.

"Sampai sekarang saya di Industrial Light & Magic sebagai Creator Technical Director," kata Renald seraya tersebut.

Sebagai Creature Technical Directors, ia bertanggung jawab membuat berbagai jenis simulasi, di antaranya daging dan otot; rambut dan bulu; serta kain. Ia dan tim juga berperan dalam penciptaan efek penghancuran.

"Tugas saya adalah membuat simulasi setelah animasi selesai. Simulai untuk kostum atau untuk otot, rambut, segala macam. Lebih ke detail agar performance secara keseluruhan itu terasa nyata. Audience percaya bahwa itu real," ujar Renald.

"Jadi kalau kayak baju pakai jaket kulit, saya harus bikin jaket itu sekaku kayak jaket beneran. Jadi orang pas ngeliat langsung ngenalin oh bahannya jaket kulit," sambungnya.

Selama kiprahnya di dunia animasi dan efek visual, sederet film-film blockbuster Hollywood Renald tangani.

Sebut saja film Jurassic World (2015), Warcraft (2016), Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (2016), Star Wars: The Last Jedi (2017), Kong: Skull Island (2017), Ready Player One (2018), sampai yang terbaru film Avengers: Infinity War.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/05/02/120600910/jalan-mulus-animator-asal-indonesia-renald-taurusdi-menuju-avengers-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke