Salin Artikel

Alasan Hanung Bramantyo Pilih Iqbaal Ramadhan untuk Perankan Minke

Sang sutradara Hanung Bramantyo pun mengungkapkan alasannya memilih mantan personel boyband CJR itu sebagai tokoh utama.

"Pertama tertulis jelas, Minke umur 20 dan Anelis umur 17," kata Hanung dalam jumpa pers di Studio Alam, Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018) malam.

"Jadi memang anak-anak muda. Pak Pram berbicara gejolak anak-anak muda," tambah suami Zaskia Adya Mecca itu.

Secara usia, Iqbaal ia nilai cocok memainkan karakter Minke. Di mana sosok Minke mewakili wajah pemuda Indonesia dengan segala gejolaknya pada awal 1900-an.

"Bumi Manusia bagian tetralogi, artinya tokoh Minke tumbuh seiring sejarah perjuangan Bangsa Indonesia sampai kemerdekaan. Melihat Minke, melihat Indonesia muda pada awal 1900," kata Hanung.

Menurut dia, dengan menggunakan pemain anak muda untuk memerankan Minke yang juga masih muda, akan lebih mudah menghidupkan tokoh itu. Karena yang terjadi pada Minke, juga dialami remaja seusia Iqbaal.

"Jadi memang ini era globalisasi yang penuh dengan kemajuan bergerak cepat, itu yang dilanda oleh Minke. Itu alasan saya, saya tidak mau kepeleset lagi, tertulis jelas usianya juga," ucap Hanung.

Dalam novel Bumi Manusia, Minke digambarkan sebagai seorang pemuda Jawa yang cerdas. Ia bisa bersekolah di HBS, yang biasanya hanya dihuni murid keturunan Eropa.

Dalam cerita yang berlatar belakang era pemerintahan Hindia Belanda itu, Minke merupakan pemuda revolusioner yang berani melawan untuk mendapatkan haknya.

Pengalamannya belajar di Amerika selama dua tahun, membuat Iqbaal merasa bisa memahami upaya Minke mengambil sisi positif budaya Eropa dan Jawa.

Film Bumi Manusia akan dibintangi Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Mawar Eva De Jongh (Annelies), serta Donny Damara, dan Ayu Laksmi yang akan berperan sebagai orangtua Minke.

Film keluaran Falcon Pictures itu disutradarai Hanung Bramantyo. Pengambilan gambar akan dimulai pada Juli 2018 dengan lokasi di Studio Alam Gamplong Yogyakarta, Semarang, dan Belanda.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/05/25/221239610/alasan-hanung-bramantyo-pilih-iqbaal-ramadhan-untuk-perankan-minke

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.