Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Iqbaal Ramadhan Harus Berkumis demi Minke

"Gue juga harus naikin berat badan dan numbuhin kumis," ujar Iqbaal dalam wawancara di Studio Alam, Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018)

Hanya saja karena tak punya banyak waktu, Iqbaal mencari cara cepat untuk menumbuhkan kumis.

Pasalnya, shooting film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, akan dimulai pada Juli nanti.

"Pakai apa dong ya? Kemiri? Ya kemiri, seriusan cuy, entar gue coba deh. Kalau berfungsi ya dicoba aja," kata Iqbaal.

Namun jika tak keburu, kemungkinan ia nantinya akan menggunakan riasan atau semacamnya. Tergantung dari keputusan tim produksi.

"Entah pakai make-up atau apa, ini kan settingan-nya 1908. Kumis pada saat itu kan lagi hits banget, jadi gitu," ujarnya.

Lalu untuk berat badan, Iqbaal berencana menaikkan bobot tubuhnya hingga 10 kilogram. Saat ini, berat badan pemain film Dilan 1990 itu 60 kilogram.

"Makan banyak, 1,5 bulanlah naikin berat badan," kata Iqbaal.

Dalam novel Bumi Manusia, Minke digambarkan sebagai seorang pemuda Jawa yang cerdas. Ia bisa bersekolah di HBS, yang biasanya hanya dihuni murid keturunan Eropa.

Dalam cerita yang berlatar belakang era pemerintahan Hindia Belanda itu, Minke merupakan pemuda revolusioner yang berani melawan untuk mendapatkan haknya.

Pengalamannya belajar di Amerika selama dua tahun, membuat Iqbaal merasa bisa memahami upaya Minke mengambil sisi positif budaya Eropa dan Jawa.

Film Bumi Manusia akan dibintangi Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Mawar Eva De Jongh (Annelies), serta Donny Damara dan Ayu Laksmi yang akan berperan sebagai orangtua Minke.

Film keluaran Falcon Pictures itu disutradarai Hanung Bramantyo. Pengambilan gambar akan dimulai pada Juli 2018 dengan lokasi di Studio Alam Gamplong Yogyakarta, Semarang, dan Belanda.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/05/25/224217810/iqbaal-ramadhan-harus-berkumis-demi-minke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke