Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampilkan Goyang Pinggul, Pesbukers Ramadhan Dapat Peringatan Keras dari KPI

JAKARTA, KOMPAS.com - Tayangan Pesbukers Ramadhan mendapat peringatan keras dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Peringatan itu diberikan setelah acara variety show itu dinilai tidak sesuai dengan semangat Ramadhan.

Peringatan ini diberikan setelah Pesbukers Ramadhan edisi 25 Mei 2018 menampilkan adegan seorang pria dan wanita menari goyang pinggul. KPI menilai bahwa hal itu telah melanggar norma kesopanan dan kesusilaan.

Goyang pinggul tersebut diduga dilakukan oleh Zaskia Gotik dan Saheer Sheikh saat melakukan adegan di ruang miring. Saat itu mereka berjoget bersama dan saling merayu.

Menurut Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, adegan itu berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat 2 SPS KPI Tahun 2012 tentang norma kesopanan dan kesusilaan.

Selain diduga melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), peringatan keras ini diberikan setelah adanya peringatan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Serta pandangan Majelis Ulama Indonesia tentang program di bulan Ramadhan. Berdasarkan hal itu kami memutuskan untuk memberikan peringatan keras," jelas Yuliandre dalam situs web resmi KPI Pusat.

Untuk itu, KPI meminta kepada pihak ANTV sebagai stasiun televisi yang menayangkan program Pesbukers Ramadhan untuk tetap berpegang pada aturan dalam memproduksi program siaran.

"Kami meminta ANTV agar menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam menyiarkan sebuah program siaran dan hal ini menjadi perhatian khusus karena saat ini dalam suasana Ramadhan," kata Yuliandre lagi.

Peringatan ini bukan yang pertama bagi tayangan Pesbukers. Sebelumnya KPI juga sempat memberi peringatan pada Pesbukers edisi 25 Februari 2018. Dimana saat itu, salah satu bintang tamu, Ely Sugigi mengucap kata tidak pantas saat siaran langsung.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/06/09/222536310/tampilkan-goyang-pinggul-pesbukers-ramadhan-dapat-peringatan-keras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke