Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang The Sacred Riana

KOMPAS.com - Nama illusionis The Sacred Riana mulai melejit sejak dirinya memenangi ajang pencarian bakat kelas Asia, Asia's Got Talen 2. Kerap tampil dengan karakter yang menyeramkan, membuat gadis yang memiliki boneka bernama Riani itu mendapat banyak perhatian publik.

Berikut 7 fakta yang harus Anda tahu tentang The Sacred Riana.

1. Dapat Hadiah 1,3 M Setelah Juarai Asia's Got Talent 2

Ilusionis asal Indonesia, Riana, berhasil memenangi ajang pencarian bakat Asia's Got Talent 2. Pada pengumuman pemenang yang diadakan di Singapura, Kamis (14/12/2017), Riana berhasil merebut hati penonton televisi dan juri berkat aksinya yang menyeramkan.

Pada babak final, Riana menyisihkan delapan finalis. Dengan kemenangan itu, Riana berhak membawa pulang hadiah sebesar 100.000 dollar AS (Rp 1,3 miliar).

2. Tidak Gunakan Unsur Mistis dalam Beraksi

Meski kerap tampil menyeramkan, manajer sekaligus konsultan ilusionis The Sacred Riana, Bow Vernon membantah adanya unsur mistis dalam atraksi yang dilakukan Riana dalam setiap penampilannya.

"Karena kami berkecimpung di dunia magic. Dia juga dikenal bizzare illusionist, salah satu jurusan yang ada di sulap. Kalau di dunia sulap itu memang semua bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan," kata Bow saat saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Kami tidak menggunakan mistis atau jin, kalau pertanyaannya, 'Pake mistis?' saya bisa pastikan tidak sama sekali," tambahnya menegaskan.

Wanita dengan nama lengkap Marie Antoinette Riana Graharani itu memang kerap memberikan suasana mencekam saat beraksi, tetapi Boy menekankan bahwa teknik sulap Riana sesungguhnya menggunakan ilusi.

3. Pernah Dituding Menganut Sekte

The Sacred Riana punya kenangan pahit saat dirinya menjadi bintang tamu dalam sebuah acara talkshow yang dipandu Deddy Corbuzier.

Bow Vernon mengatakan, saat itu Riana terpaksa mengingkari kepribadiannya dengan bersikap terbuka dalam acara tersebut.

"Pas dulu kami pun sangat terpaksa melakukan itu. Terpaksa, benar-benar terpaksa, karena Riana pun sebenarnya emang menolak," ucapnya.

Bow menerangkan, saat itu ada sebuah organisasi yang meminta acara tersebut agar Riana membuktikan bahwa dirinya bukan pengikut aliran penyembah setan dan mengancam keselamatan Riana.

"Kami lakuin itu, karena ada satu organisasi yang hubungin program itu, meminta penjelasan bahwa itu (Riana) bukan real satanic, bukan penyembah setan," tutur Bow menerangkan.

"Akhirnya Deddy menghubungi kami, 'gimana kalau dibongkar (identitas Riana)?' karena kalau misalnya enggak dijelasin, keselamatannya Riana sendiri yang terancam," sambungnya.

4. Gunakan Mantra dalam Bahasa Jawa

The Sacred Riana kerap menggunakan mantra-mantra dalam setiap penampilannya. Selain bahasa latin, Riana juga memasukkan unsur Indonesia dengan menggunakan mantra bahasa Jawa.

"Sebelumnya itu kami pakai bahasa latin, ketika pakai bahasa latin banyak yang berfikir Kenapa enggak bawa unsur bahasa Indonesia. Karena Riana dari Indonesia, ya sudah mendingan sekalian aja dengan ide kreatif kami munculkan dengan membawa unsur Indonesia," lanjut Bow.

Mantra tersebut diucapkan Riana saat unjuk kebolehan dalam result show Asia's Got Talent 2.Itu adalah mantra untuk pemanggilan arwah dalam permainan boneka jailangkung.

"Yen siro teko, wenehene tondo, jadi (artinya) kalau mau datang berikan tanda," ungkap Bow.

"Mungkin kalau ada yang tinggal di daerah tahu permainan jelangkung, Itu adalah rapel yang dibacakan ketika bermain jailangkung," imbuhnya.

5. Sudah Daftarkan Karakternya ke HaKi

Sejak kemunculannya tak bisa dipungkiri The Sacred Riana memiliki karakter yang kuat. Hal itu membuat tak sedikir orang yang ingin meniru karakter Riana.

Untuk mencegah plagiarisme, Bow Vernon mengatakan bahwa pihaknya sudah mendaftarkan karakter Riana ke Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Indonesia agar mendapat kekuatan hukum.

"Sebenarnya kalau duplicate (karakter Riana) sendiri kami ada batasan, karena image-nya Riana ini sudah kami daftarkan ke HaKI di sini," kata Bow saat ditemui bersama The Sacred Riana di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/7/2018).

6. Kembali Berkompetisi di America's Got Talent

Setelah menjuarai Asia's Got Talent 2, Riana kembali berjuang dalam America's Got Talent. Usai menampilkan aksi sulapnya, Riana berhasil mendapatkan tiga dukungan dari keempat juri.

Kini Riana masih menunggu kepastian hasil dari penilaian tersebut.

"Sekarang lagi nunggu apakah kami lolos ke babak selanjutnya atau tidak. Kan kita dapet satu X tiga, Yes jadi kami harus nunggu konfirmasinya," ujar Bow.

"Sistemnya kan gitu, kalau empat yes masuk ke part yang kemungkinan mereka bisa lolos, kalau X satu dipertimbangkan kalau X dua udah pasti enggak lolos," tambahnya.

7. Dapat X dari Simon Cowell

Bow Vernon bercerita bahwa juri sekaligus bos America's Got Talent, Simon Cowell mengaku menyukai penampilan artisnya itu. Meski demikian, Simon menjadi satu-satunya juri yang memberikan X yang berarti tidak kepada Riana.

Terkait hal itu, Bow menjelaskan bahwa Simon sebenarnya hanya ingin mengetahui ekspresi perempuan yang kerap tampil menyeramkan itu.

"Terus kenapa dikasih X karena dia mau ngagetin satu studio dan dia juga mau liat ekspresinya Riana 'dia kaget enggak nih'.

Itu niatnya dia kasih X," jelas Bow.

"Nah dibilang no karena dia tahu tiga juri lainnya bakal bilang yes, jadi ya udahlah. Tapi dia suka sama Riana. Dia bilang dia suka dengan penampilan Riana, feels-nya dapet," sambungnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/07/04/145019710/7-fakta-yang-harus-anda-ketahui-tentang-the-sacred-riana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke