Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Steve Ditko, Co-creator Spider-Man dan Doctor Strange, Meninggal Dunia

Pihak kepolisian New York, AS, mengatakan bahwa Ditko ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya di Manhattan pada 29 Juni 2018 dan dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis yang datang ke tempat itu.

Nama lelaki yang lahir pada 2 November 1927 di Johnstown, Pennsylvania, AS, tersebut mulai kondang berkat karya-karyanya di Marvel Comics pada awal 1960-an.

Ketika itu dia bekerja sama dengan Stan Lee--yang belakangan menjadi pemimpin perusahaan--dalam mencipta karakter-karakter komik, antara lain Spider-Man dan Doctor Strange.

Lee memang sosok yang memunculkan ide untuk membuat jagoan remaja berkekuatan laba-laba itu, menurut koresponden BBC di Amerika Utara, Chris Buckler.

Namun, Ditko-lah yang mewujudkan Spider-Man di atas kertas, lengkap dengan kostum merah-biru dan tembakan jaring laba-laba dari pergelangan tangannya.

Steve Ditko keluar dari Marvel Comics pada 1966 setelah, diberitakan, berseteru dengan Stan Lee.

Dari Marvel Comics, dia pindah ke DC Comics dan mencipta karakter pahlawan The Creeper.

Sepanjang hidupnya, Steve Ditko menghindari sorotan publik. Bahkan, dia menolak tampil dalam film BBC berjudul In Search of Steve Ditko, yang dirilis pada 2007.

Pembawa acara televisi sekaligus pengamat film dan artis peran dari Inggris Jonathan Ross, yang bertemu dengan Ditko ketika menggarap film dokumenter itu, menggambarkan Ditko sebagai "seniman komik dan pencipta terhebat yang pernah hidup".

https://entertainment.kompas.com/read/2018/07/08/060323310/steve-ditko-co-creator-spider-man-dan-doctor-strange-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke