Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Dekat dengan The Sacred Riana yang Hebohkan America's Got Talent

Yuk kita mengenal lebih dekat sosok misterius The Sacred Riana.

1. Arti Nama

Manajer sekaligus konsultan ilusionis The Scared Riana, Bow Vernon mengungkapkan arti di balik nama The Sacred Riana.

Menurut Bow, nama The Sacred yang berarti sakral, di Indonesia banyak dihubungkan dengan hal-hal mistis.

"The Sacred dalam bahasa Indonesia suci atau sakral, karena Riana banyak bermain, berhubungan dengan hal-hal mistis supranatural," ungkap Bow.

Untuk itulah pihak Riana akhirnya menambahkan nama The Sacred di depan nama Riana.

"Mungkin sebagian orang berpikir itu hal yang sakral, jadi kami mengambil nama itu The Sacred," sambungnya.

Nama ini kemudian dipatenkan ke Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Indonesia agar mendapat kekuatan hukum.

Hal itu mereka lakukan untuk membuat batasan bagi siapa pun yang ingin meniru karakter pemenang Asia's Got Talent 2 itu.

"Sebenarnya kalau duplicate (karakter Riana) sendiri kami ada batasan, karena image-nya Riana ini sudah kami daftarkan ke HaKI di sini," kata Bow.

2. Tak ada unsur mistis

Bow Vernon membantah adanya unsur mistis dalam atraksi yang dilakukan Riana dalam setiap penampilannya. Menurut Bow, unsur mistis yang ditampilkan adalah trik sulap yang telah dipikirkan oleh tim.

"Karena kami berkecimpung di dunia magic. Dia juga dikenal bizzare illusionist, salah satu jurusan yang ada di sulap. Kalau di dunia sulap itu memang semua bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan," ucap Bow.

"Kami tidak menggunakan mistis atau jin, kalau pertanyaannya, Pake mistis?' saya bisa pastikan tidak sama sekali," tambahnya .

Menurut Bow, dalam sulap teknik yang digunakan Riana adalah teknik ilusi.

"Kalau efeknya yang diberikan itu, 'Kok jadi mistis?', ya itu memang seperti itu, magiciantugasnya memberikan ilusi ke penonton untuk merasakan apa yang ingin mereka rasakan. Semua dilakukan menggunakan teknis ilusi," ucapnya.

3. Sosok yang biasa

Sebagai salah satu pembuat karakter The Sacred Riana, pesulap Deddy Corbuzier mengungkap bagaimana sosok asli dari Riana.

Dalam acara Hitam Putih yang dipandunya, Deddy mengatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari Riana adalah orang yang ramah dan mudah grogi.

"Riana sangat bertalenta, bisa memainkan karakter itu di atas panggung," ucap Deddy.

Selain Deddy, Sisca Hormansyah selaku produser The Next Mentalist juga turut mengungkap sosok asli perempuan bernama asli Maria Antoinette Riana Graharani itu.

"Riana adalah gadis biasa yang manis, dan punya banyak keunikan," kata Sisca Hormansyah.

4. Dituding ikut sekte

The Sacred Riana punya kenangan pahit saat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara talkshow yang dipandu Deddy Corbuzier.

Bow Vernon mengatakan, saat itu Riana terpaksa mengingkari kepribadiannya dengan bersikap terbuka dalam acara tersebut.

"Pas dulu kami pun sangat terpaksa melakukan itu. Terpaksa, benar-benar terpaksa, karena Riana pun sebenarnya emang menolak," ucapnya.

Bow menerangkan, saat itu ada sebuah organisasi yang meminta acara tersebut agar Riana membuktikan bahwa dirinya bukan pengikut aliran penyembah setan dan mengancam keselamatan Riana.

"Kami lakuin itu, karena ada satu organisasi yang hubungin program itu, meminta penjelasan bahwa itu (Riana) bukan real satanic, bukan penyembah setan," tutur Bow menerangkan.

"Akhirnya Deddy menghubungi kami, 'gimanakalau dibongkar (identitas Riana)?' karena kalau misalnya enggak dijelasin, keselamatannya Riana sendiri yang terancam," sambungnya.

5. Ikut audisi America's Got Talent

The Sacred Riana dan bonekanya, Riani mengaku bersemangat mengikuti audisi America's Got Talent.

"Riani senang, Riani excited," kata Riana dalam sebuah wawancara.

Manajer Riana, Bow Vernon, menjelaskan bahwa artisnya merasa bersemangat sekaligus gugup.

"Sebenarnya mungkin excited-nya lebih ke arah nervous ya, karena ini panggung yang lebih besar. Karena Zero Got Talent itu ada di Amerika ya, awalnya memang di sana, jadi ya pasti nervous-lah," jelas Bow.

Bow bercerita, awal 2018 lalu pihaknya dihubungi oleh produser America's Got Talent yang mengajak Riana untuk mengikuti audisi di Amerika.

"Kami ini ke America's Got Talent dapat undangan dari talent producer-nya. Di-calling itu tiga bulan sebelum audisi, Mei audisi, mundur tiga bulan Februari atau Januari deh," ujar Bow.

6. Dua kali bikin takut juri

Aksi The Sacred Riana di America's Got Talent 2018 berhasil menimbulkan ketegangan di antara para juri, yakni Simon Cowell, Heidi Klum, Mel B, dan Howie Mandel.

The Sacred Riana lolos audisi meskipun hanya mendapat tiga "yes". Simon Cowell memberinya tanda silang.

Ia dipanggil untuk mengikuti babak Judge Cuts. Peserta babak ini adalah penampil pilihan juri. Mereka mendapat kesempatan menunjukkan aksi yang bisa meyakinkan juri untuk meloloskan mereka ke babak 36 besar.

Pada babak Judge Cuts, The Sacred Riana "mengajak" teman khayalannya ke panggung. Seperti pada penampilan babak audisi, The Sacred Riana berhasil membuat para juri, khususnya Mel B, takut.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/07/30/110809910/lebih-dekat-dengan-the-sacred-riana-yang-hebohkan-americas-got-talent

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke