Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Sinetron Legendaris, Berapakah Rating Si Doel Anak Sekolahan?

Sinetron yang tayang sejak 12 Maret 1994 ini mengantongi rating 8,1 berdasarkan penilaian dari situs web IMDb. Rating tersebut terbilang sangat tinggi untuk TV series lokal.

Total selama penayangannya sinetron Si Doel Anak Sekolahan sudah mengoleksi 162 episode dengan jumlah musim sebanyak tujuh. Jumlah ini terbilang cukup banyak untuk sinetron Indonesia, bahkan sampai saat ini.

Melihat ke belakang, film "Si Doel Anak Betawi" yang tayang pada 1972, juga tak kalah pamor. Film yang dibintangi Rano Karno dan Benyamin Sueb ini mendapat rating 7.6 berdasarkan penilaian IMDb.

Karakter dari masing-masing tokoh pemeran dalam Si Doel Anak Sekolahan yang begitu kuat dan fenomenal membuat Klarijn Loven mengangkatnya sebagai tesis untuk Universitas Leiden, Belanda dengan judul "Si Doel and Beyond: Discourse on Indonesian Television in the 1990s".

Tesis tersebut akhirnya dijadikan sebuah buku dengan judul "Watching Si Doel: Television, Language, and Cultural Identity in Contemporary Indonesia" yang diterbitkan oleh KITLV Press pada tahun 2008.

Menurut Klarijn Loven dalam bukunya, penerimaan pemirsa yang begitu luas dikarenakan keunikan aspek kebahasaannya. Dalam buku tersebut juga mengungkapkan bahwa Si Doel Anak Sekolahan digandrungi tak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di kalangan tenaga kerja Indonesia.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/08/02/205130010/jadi-sinetron-legendaris-berapakah-rating-si-doel-anak-sekolahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke