Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ryeowook Super Junior Akan Berduet dengan Penyanyi Opera Peraih Penghargaan Grammy

Dalam konser berjudul Jo Sumi's Park Concert-One Night in Paris itu, yang akan diselenggarakan pada 9 September 2018 di Olympic Park 88 Grass Yard, Seoul, Ryeowook akan berduet dengan Jo Sumi.

Selain itu, Ryeowook akan pula sendiri menyanyikan hit Super Junior yang berjudul "Sorry Sorry" dengan iringan orkestra.

"Belum lama saya selesai menjalani wajib militer. Suatu kehormatan besar bisa bernyanyi bersama Jo Sumi," ucap Ryeowook pada Selasa (4/9/2018) ketika hadir untuk latihan konser tersebut dan diwawancara.

"Menurut saya, September ini akan tak terlupakan," tambah pria yang pulang dari wajib militer pada 10 Juli 2018.

Jo Sumi terkenal hingga di luar Korea Selatan.

Pada 1993, ia menjadi bagian dari para peraih penghargaan Grammy pada kategori Best Opera Recording berkat rekaman opera Die Frau ohne Schatten karya Richard Strauss, dengan George Solti selaku konduktor.

"Simple Song Number 3", yang dicipta oleh David Lang, dinyanyikan oleh Jo Sumi, dan dihadirkan dalam film Youth (2015) karya sutradara Paolo Sorrentino, masuk nominasi  Academy Awards 2016 pada kategori Best Song.

Jo Sumi, yang sudah berkarier sebagai penyanyi selama 30 tahun, mengatakan bahwa tak mudah menyiapkan konsernya itu selama dua tahun, termasuk untuk menggarap duetnya dengan Ryeowook.

"Sulit untuk menyiapkannya (konser itu), karena ada lagu-lagu dari beragam genre yang terhubung melalui konsep Paris," tutur Jo Sumi dalam kesempatan yang sama.

"Saya sering menghubungi dan bertemu dengan teman-teman yang saya ajak tampil, membentuk sebuah repertoar, dan memperhatikan semua detail, antara lain untuk kostum," tuturnya pula.

"Simple Song Number 3", written by David Lang, performed by Jo, and featured in Paolo Sorrentino's 2015 film Youth, was nominated for an Academy Award in 2016 in the Best Song category.

Jo Sumi memutuskan untuk melibatkan Ryeowook dalam konsernya tersebut setelah ia tampil bersama Yang Yoseob dari boyband K-pop Highlight lima tahun lalu.

"Meski genre musik klasikal dan genre musik idol pop berbeda, suatu kegembiraan dan berkah bisa berbagi musik bersama," ucap Jo Sumi.

"Sesudah saya tampil dengan Yang Yoseob beberapa tahun lalu, tampaknya banyak orang muda menjadi tertarik akan musik klasikal, dan, menurut saya, Ryeowook akan berperan kali ini," ucapnya pula.

"Saya mengetahui kemampuannya melalui hal-hal seperti YouTube, tetapi saya mendapati bahwa ia bahkan lebih baik daripada yang saya pikir ketika saya mendengar ia menyanyi dalam kehidupan nyata," lanjutnya.

"Kemampuannya luar biasa dan menurut saya ia juga profesional setelah melihat ia rendah hati terhadap para pemusik dan penonton," imbuhnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/09/05/101135310/ryeowook-super-junior-akan-berduet-dengan-penyanyi-opera-peraih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke