Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Bisa Berbahasa Ingris bagi Tompi

"Penting banget sih, saya beberapa kali bekerja sama musisi luar, ya pada akhirnya jadi salah satu kesulitan kalau enggak bisa," kata Tompi saat jumpa pers peluncuran English For Indonesia di Kedutaan Besar Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/10/18).

Tompi menceritakan pengalamannya, saat berkolaborasi dengan musisi dari negara lain ketika kemampuan bahasa Inggrisnya masih minim.

"Saya ingat tahun 2002 atau 2003 itu pertama kali saya rekaman multi nasional project waktu itu, ada beberapa teman dr Prancis, Malaysia, Amerika, kita bikin proyek bareng, lagunya bahasa Inggris, saya yang nyanyiin," tutur Tompi.

Karena belum begitu fasih, akhirnya Tompi didampingi seseorang untuk mengoreksi pelafalannya saat menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

"Proses take-nya cepet, yang lama cuma benerin bahasanya doang. Jadi ada sampai satu orang nungguin di ruang take cuma buat ngebenerin, 'Nih si Tompi ngomong apa sih?" Liriknya bahasa Inggris. Waktu itu PR banget buat saya," ujar pelantun "Sedari Dulu" itu.

Tompi diketahui menjadi salah satu artis yang mendukung gerakan English For Indonesia.

Sebuah program kerjasama British Council Indonesia dan Kedutaan Besar Inggris berbentuk situs web, yang memberikan sumber belajar dan mengajar bahasa Inggris bebas biaya yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Selain Tompi, deretan artis yang turut mendukung program ini adalah Glenn Fredly, Maudy Ayunda, Reza Rahadian, dan Titi Kamal.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/10/02/211707510/pentingnya-bisa-berbahasa-ingris-bagi-tompi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke