Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Mickey Mouse, Karakter yang Jadi Ikon The Walt Disney Company

Bagaimana tidak, karakter tikus antropomorfis ini memang lekat dengan The Walt Disney Company, yang merupakan salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia saat ini.

Biasanya Mickey Mouse selalu tampil disandingkan dengan tokoh karakter tikus wanita, Minnie Mouse. Selain itu, Mickey dan Minnie sering terlihat bersama karakter lain seperti Donald Duck, Daisy Duck, Goofy, dan Pluto.

Kini Mickey Mouse telah menjadi ikon The Walt Disney Company yang hari ini tepat berusia 95 tahun. Hampir semua taman hiburan Disneyland selalu terdapat ikon Mickey Mouse.

Namun, karakter ini juga memiliki perkembangan yang menarik diikuti. Berikut sejumlah fakta mengenai Mickey Mouse:

Hilangnya karakter pertama ini mengilhami kelahiran tokoh lain. Tak lama kemudian Walt Disney akhirnya menciptakan Mickey Mouse.

Jika melihat dua karakter itu, kita dapat melihat kemiripannya. Celana pendek merah, telinga besar dan mata lebar. Bedanya adalah pada Oswald memiliki telinga menjulang ke atas.

Pada Februari 2006, dilansir dari BBC, hak atas Oswald kembali ke The Walt Disney Company. Kembalinya Oswald ini setelah Walt Disney melakukan kesepakatan dengan NBC Universal.

2. Steamboat Willie

Dilansir dari laman Mirror, Mickey Mouse memulai debutnya pada 18 November 1928 di film Steamboat Willie. Film itu diputar di Colony Theater, New York City.

Steamboat Willie adalah kartun pertama di dunia dengan suara yang tersinkronisasi dan menampilkan suara Walt Disney sendiri untuk suara-suara melengking Mickey.

Pada sesi itu, Mickey sebagai seorang kapten kapal uap yang berlayar bersama Boris dan Minnie Mouse dengan tambahan musik dalam film pendek ini.

3. Mortimer

Mortimer adalah nama yang sebelumnya digunakan Walt Disney untuk menyebut tokoh karakter tikus buatannya. Namun, istrinya, Lillian Disney tak setuju dengan nama itu.

Lillian menyarankan nama yang lebih baik, "Mickey Mouse". Pada akhirnya, Mortimer ditujukan untuk menyebut karakter musuh Micky.

Sebelumnya, Mickey dan Minnie Mouse kali pertama muncul dalam Plane Crazy pada 15 Mei 1928. Namun, hari hari lahir Mickey selama ini dianggap bertepatan dengan penampilannya dalam film Steamboat Willie, yang sudah menggunakan suara.

4. Suara Walt Disney

Ketika memulai debutnya dalam Steamboat Willie, suara tokoh karakter Mickey Mouse adalah Walt Disney sendiri.

Dengan suara khasnya yang melengking, Walt Disney membawakannya dengan baik.

Dalam pembuatan serial berikutnya, pengisi suara Mickey sering berganti.

5. Sarung tangan putih

Mickey mulai mengenakan sarung tangan putih populer pada 28 Maret 1929 dalam serial The Opry House.

Alasan pemakaian sarung putih itu adalah agar penonton bisa melihat tangannya ketika berhadapan dengan badan. Mengingat, pada waktu itu tangan dan badan Mickey memiliki warna hitam sama.

Sejak itu dia terus memakainya di sebagian besar penampilannya. Selain itu, karakter ini juga memiliki empat jari yang terdiri, termasuk satu ibu jari, yang terbungkus dalam sarung tangan.

6. Inspirasi Charlie Chaplin

Charlie chaplin merupakan aktor yang dikenal tampil dalam film bisu. Walt Disney sendiri mengatakan bahwa Charlie Chaplin menjadi inspirasi bagi Mickey Mouse.

Inspirasi yang diambil dari Charlie Chaplin adalah mengenai sesuatu yang menarik yang bisa menyuguhkan penampilan lucu kepada penonton.

7. Keluarga besar

Selain selalu disandingkan dengan Minnie Mouse, sebenarnya Mickey memiliki keluarga besar. Mereka terdiri dari Morty Fieldmouse dan Ferdie Fieldmouse selaku keponakan, pamannya bernama Maxwell, seorang profesor bernama Cousin Digger, dan Paman Louie sebagai koki.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/10/16/180649610/7-fakta-mickey-mouse-karakter-yang-jadi-ikon-the-walt-disney-company

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke