Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suga BTS Bela Penggemar K-pop yang Sering Dipandang Remeh

KOMPAS.com - Boyband Bangtan Boys atau BTS mengapresiasi penggemar mereka dan para penggemar K-pop secara umum. Suga, salah satu member BTS mengemukakan fakta bahwa para penggemar boyband atau girlband sering diremehkan oleh orang lain. Namun, Suga membela mereka.

“Mereka sering diremehkan karena menjadi penggemar idola. Tapi mereka benar-benar orang yang luar biasa. Jujur, tidak mudah melakukan hal-hal seperti itu hanya karena kita menggemari seseorang," kata Suga.

Pernyataan Suga itu disampaikan dalam video di balik layar persiapan pembuatan pidato bersejarah BTS saat menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-73 pada bulan lalu.

Suga menyebutkan, terkadang penggemar K-pop atau grup idola harus menghadapi berbagai prasangka buruk. Padahal menurut Suga, selama ini penggemarlah yang punya andil besar atas kesuksesan si idola.

Ketika mendiskusikan ide untuk apa yang akan mereka sampaikan dalam pidato mereka, Suga mengaku sangat terkesan dengan penggemar mereka yang telah membantu kampanye "Love Myself" untuk mengumpulkan lebih dari 1 juta dollar.

Kampamye "Love Myself" pada 2017 merupakan kerja sama dengan UNICEF yang bertujuan untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan pemuda di seluruh dunia.

Dia mengatakan pula bahwa BTS hanya punya sedikit andil, penggemar merekalah yang menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

“Jujur, kami selalu melakukan dan berbicara tentang berbagai hal, tetapi itu tidak banyak membantu orang. Saya rasa tindakan kami saja tak cukup membantu orang lain. Yang sangat menakjubkan adalah kenyataan bahwa orang-orang yang menggemari dan mendukung kami lah yang punya andil," ujar Suga.

"(Penggemar kami) adalah orang-orang yang membentuk ketujuh dari kami sebagai juru bicara dan membawa kami ke PBB. Kami hanya berbicara atas nama mereka," timpal RM setuju.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/10/22/121003510/suga-bts-bela-penggemar-k-pop-yang-sering-dipandang-remeh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke